Mulai Tebar Pesona, AHY Target Kepengen Capres atau Wapres di Pemilu 2019

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Putra sulung mantan Presiden SBY, Agus Harimurti Yudoyono (AHY) mulai tebar pesona ke publik. Orientasinya jelas melalui kendaraan partai politik (Parpol) besutan ayahnya yakni Partai Demokrat (PD), naga-naganya bakal menyasar kursi RI-1 (Presiden) atau RI-2 (Wakil Presiden).

Sejak mundur alias pensiun dini dari karir militernya dan langsung mencalonkan jadi Gubernur DKI Jakarta (kalah diputaran pertama), AHY tak patah arang. Justru saat maju di Pilkada DKI kemarin, boleh jadi merupakan ujicoba langkahnya untuk lebih serius ke dunia politik.

Menurut pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, sah-sah saja jika AYH berambisi maju ke Pilpres 2019 mendatang. Apalagi, tambahnya, didukung oleh Parpol yang pernah memenangkan Pemilu 2004 dan 2009 silam. Namun mampukan bersaing dengan Joko Widodo dan Prabowo Subianto?

Melalui analisnya, Emrus menegaskan sangat kecil kemungkinan AHY bisa bersaing dengan kedua tokoh nasional di atas. Pasalnya, perolehan suara di angka 17 persen di Pilkada DKI Jakarta lalu, bukti AHY belum begitu diterima publik.

“Jadi, ya sangat muskil, bisa mengungguli Jokowi atau Prabowo. Itu kalau untuk RI-1. Berbeda jika untuk RI-2, bisa saja. Sebab, AHY masih terlalu muda,” papar Ermus lagi.

Namun pendapat orang dalam Partai Demokrat sendiri seperti disuarakan Wakil Sekjen Putu Supadma Rudana, sosok AHY dinilai tepat sebagai pemimpin masa depan. Bahkan di internal PD ingin menjadikannya sebagai tokoh representatif.

“Saya melihatnya, AHY justru jadi figur yang pas, jika disandingkan dengan Joko Widodo di Pilpres 2019 nanti,” pungkas Putu. ■ Red/Tim PBK/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here