Cuaca Ekstrem, MERAK-BAKAUHENI Tutup Sementara Layanan Penyeberangan

MERAK (POSBERITAKOTA) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak, harus menghentikan layanan penyeberangan sementara Merak-Bakauheni, akibat cuaca yang terlalu ekstrem beberapa hari ini. Sedang penutupan layanan penyeberangan, mulai dilakukan sejak Kamis (30/11) sore kemarin hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Langkah tersebut demi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, karena pengguna layanan penyeberangan Merak-Bakauheni, setiap harinya mencapai ratusan dan bahkan ribuan orang termasuk harta benda.

PT ASDP mengambil keputusan tersebut, setelah melalui rapat koordinasi pihaknya dengan Gapasdap , Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Banten serta KSOP Merak. Meminimalir risiko itulah cara tepat yang perlu ditempuh.

“Karena itu, kami minya pengertian kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan Merak-Bakauheni. Sebab,  cuaca di Merak sangat extrem dimana tinggi sudah gelombang mencapai 5 meter dan kecepatan angin diatas 45 knot sehingga layanan ditutup sementara,” papar Intan Sugiarti,  Plt Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melalui siaran persnya.

Dalam keterangan yang disampaikan Humas PT ASDP Mario Sardadi Utomo, GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Fahmi Alweni memaparkan bahwa PT ASDP sangat memprioritaskan keselamatan dan keamanan para pengguna jasa yang akan menyeberang.

“Kondisi cuaca saat ini sangat ekstrem. Untuk itu, layanan terpaksa kami tutup sementara. Makanya, bagi seluruh penumpang yang sudah berada di lingkungan pelabuhan maupun yang masih dalam perjalanan diimbau bersabar. Masih perlu menunggu sampai kondisi cuaca benar-benar aman bagi pelayaran,” paparnya.

Pihak PT ASDP pun  terus berkoordinasi dengan stakeholder termasuk Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika terkait dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrem ini. 

“Mohon pengertian dari pengguna jasa. Apalagi jika sudah menyangkut keselamatan pelayaran. Bukankah lebih baik tidak berangkat, ketimbang tidak pernah sampai sama sekali ke tempat tujuan, ” ucapnya mengakhiri. ■ Red/ARIA/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here