Ketimbang Bekasi, PEMPROV DKI Lebih Perhatian ke Bogor & Depok

JAKARTA [POSBERITAKOTA] ■ Pemprov DKI Jakarta tampaknya punya perhatian lebih kepada Pemda Bogor dan Depok ketimbang Bekasi. Buktinya, untuk tahun ini Pemprov DKI hanya memberikan dana kemitraan atau hibah kepada dua daerah tetangga tersebut.

Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Premi Lasari, mengatakan ada beberapa pemerintah kota/kabupaten yang mendapatkan dana kemitraan atau hibah, di antaranya adalah Kota/Kabupaten Bogor dan Kota Depok.

“Karena Depok dan Bogor sudah mengajukan proposal dalam APBD 2018, maka dana kemitraan itu sudah bisa dinikmati,” ujar Premi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (23/10).

Menurut dia lebih lanjut bahwa dana kemitraan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta kepada daerah penyangga tersebut, diharapkan bisa menjadi stimulan dan bermanfaat juga bagi warga Jakarta. “Intinya harus membawa dampak positif yang menunjang pada RPJMD Pemprov DKI. Antara lain terkait pengendalian banjir, ketahanan pangan dan pengolahan sampah,” paparnya.

Dalam keterangannya, Premi menyebutkan besaran nilai rupiah dana kemitraan yang dinikmati Kota/Kabupaten Bogor dan Kota Depok masing-masing sebesar Rp 23,2 miliar dan Rp 25 miliar.

Sementara itu Pemkot Bekasi mengajukan dana hibah yang besarnya lebih dari Rp 2 triliun. Namun tampaknya permintaan tersebut tidak bisa direalisasi Pemprov DKI tahun ini sehingga muncul polemik soal sampah yang mana truk sampah menuju TPST Bantar Gebang dihadang aparat Pemkot Bekasi. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here