PosBeritaKota.com
Megapolitan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, ANIES Ingatkan Warga Waspada Ancaman yang Merusak Keutuhan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Monas, Selasa pagi (1/10). Upacara yang mengangkat tema ‘Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia yang Maju dan Bahagia’ ini diikuti oleh ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan unsur masyarakat.

Gubernur Anies Baswedan, bertindak sebagai inspektur upacara yang juga membacakan teks Pancasila. Anies menegaskan, dalam memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila, semua komponen bangsa, khususnya yang berada di Ibukota Jakarta, harus senantiasa bersikap waspada terhadap ancaman yang dapat merusak keutuhan bangsa dan negara.

“Hal ini harus dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari dengan kerja nyata menjaga Pancasila, utamanya dalam menghadirkan sila ke-5, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujarnya.

“Hari Kesaktian Pancasila, ini mengingatkan kita bahwa ancaman penggantian ideologi Pancasila dengan komunis itu nyata. Karena itu, peringatan ini juga harus mengingatkan kita untuk selalu waspada dan memperhatikan tanda-tanda kemungkinan adanya usaha-usaha penggantian seperti itu. Cara yang paling mendasar untuk menjaga Pancasila adalah justru dengan menghadirkan sila itu. Sila yang paling dihadirkan adalah sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujar Anies.

Diharapkan masyarakat Jakarta bersama pemerintah berkolaborasi meneruskan tradisi perjuangan yang ada di republik ini dalam menjaga Pancasila.

“Kalau ada pelaksanaan sebaik-baiknya sila Keadilan Sosial, maka Insya Allah ideologi-ideologi alternatif yang dipaksakan tidak akan bisa menembus. Karena, masyarakat merasakan bahwa Pancasila menjadi keseharian, dan Pancasila dalam keadilannya menjadi kenyataan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam upacara ini, Sekda DKI Jakarta, Saefullah, Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis, Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta, Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta, unsur TNI dan Polri, serta para anggota Legiun Veteran Republik Indonesia.
Selain itu, Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta, Heru Hermawanto, bertindak sebagai perwira upacara.

Sedangkan persembahan lagu Garuda Pancasila dan Gugur Bunga dibawakan oleh Tim Paduan Suara SMA Negeri 13 Jakarta, yang diiringi oleh korps musik dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta. ■ RED/JOKO S/GOES

Related posts

Nusantara Regas – Siwo PWI Pusat, GELAR PELATIHAN JURNALISTIK TENAGA TEKNIS KOMINFOTIK Kepulauan Seribu

Redaksi Posberitakota

Sudah 7 Tahun, PINTU GERBANG Perumahan VGH Kebalen Bekasi Gelap Gulita Bagai Sarang Hantu

Redaksi Posberitakota

Bagaikan Buah Simalakama, PENGAMAT SGY Minta Anies Bersikap Atas Putusan PTUN Turunkan UMP 2022

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang