Peringati Muharram 1441 H, MTKI JAMI AL-IKHLAS RW 25 VGH KEBALEN Santuni 117 Anak Yatim & Dhuafa

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Bertaqline ‘Indahnya Silaturahmi, Indahnya Berbagi Mulia Bersama Anak Yatim’, Majelis Taklim Kaum Ibu (MTKI) Masjid Jami Al-Ikhlas yang berada di wilayah Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) RW 25 Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, menggelar acara untuk memperingati Muharram 1441 H, Minggu (13/10) pagi hingga siang tadi.

Peringatan acara Muharram 1441 H itu sendiri juga dibarengi dengan pemberian santuan kepada 117 anak yatim dan dhuafa, baik yang diambil dari wilayah internal RW 25 maupun dari lingkungan sekitarnya. Sedangkan yang lebih spesial lagi, karena mendatangkan bintang tamu pasangan qori Doni & Dion serta penceramah kocak Nur Fadillah atau yang kondang dengan nama Ustadz Tile.

Ratusan ibu-ibu ikut memadati Masjid Jami Al-Ikhlas, karena juga dibuat penasaran untuk melihat langsung ketampanan dan suara merdu dari duet qori, Doni & Dion. Termasuk dari penceramah muda asal Muara Tawar (Marunda) Bekasi, Ustadz Tile dengan dialek khasnya asal Betawi serta kerap melempar guyonan-guyonan segar yang akrab dengan keseharian kita.

Acara yang digelar sejak pukul 08.00 WIB itu, diawali dengan penampilan Tim Hadroh. Tak ketinggalan, Ustadzah Umi Afifah selaku Ketua MTKI Masjid Jami Al-Ikhlas, memimpin pembacaan Towasul sebagai pembukaan. Kemudian, dilanjutkan laporan dari Ketua Panitia Penyelengara (Panpel), Dewi Ratna Sari.

Menurut Ketua Panpel bahwa terselenggaranya acara Peringatan Muharram 1441 H ini, tidak lepas dari dukungan semua pihak. Baik dari jamaah MTKI, seluruh warga RW 25, para donatur internal maupun eksternal maupun dukungan yang datang dari pimpinan lingkungan (RW 25) serta kelembagaan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

“Ahhamdulillah, kami dari Panpel berhasil mengumpulkan kolektif sumbangan yang keseluruhannya mencapai Rp 26 juta lebih. Kesemuanya, kami pergunakan untuk kesuksean acara ini. Termasuk yang disalurkan untuk santunan anak yatim dan dhuafa. Keseluruhannya, sebanyak 26 anak yatim/dhuafa dari internal warga RW 25 dan 91 anak lagi dari eksternal atau yang didatangkan dari luar,” jelas Dewi Ratna Sari.

Ketua DKM Khoirul Anwar, menyampaikan bahwa Masjid Jami Al-Ikhlas saat ini telah memiliki payung hukum, apalagi sejak berdirinya Yayasan di awal 2019 lalu. Karena itu, pihaknya ingin mengajak agar seluruh warga dan termasuk pengurus serta jamaah MTKI Jami Al-Ikhlas di RW 25 VGH ini, bisa ikut serta dan berperan memakmuran masjid ini.

“Kalau tidak dari kita, siapa lagi? Saya apresiasi sekali, karena acara hari ini merupakan yang paling ramai. Jadi, harapan pengurus DKM ke depannya, juga bisa terjadi atau dicapai oleh acara-acara lain. Tentu dengan niat tulus. Sebab, bapak-bapak juga mempunyai kegiatan ta’lim atau kajian rutin setiap minggunya. Ada ta’lim. Magrib dan Subuh,” paparnya seraya menyebut bahwa Masjid Jami Al-Ikhlas juga sudah menjadi Tempat Pendidikan Islam (TPI), salah satunya adalah kursus bahasa Arab.

Baca Juga:  Nikmatnya Mancing di Malam Hari, WARGA VGH KEBALEN Bisa Merajut Kebersamaan

Sedangkan Sukoco selaku Ketua RW 25, mengungkapkan rasa syukur dengan telah berdirinya Yayasan Jami Al-Ikhlas. Ada 9 orang yang tercatat dalam akta yayasan. Karenanya, ia juga berharap dengan adanya kegiatan semacam ini, bisa saling support (dukung-red) antara kelembagaan RW, Yayasan, DKM serta majelis taklim yang ada di lingkungan RW 25 ini. “Bisa lebih berkoordinasi, supaya masjid semakin makmur. Lebih maju dan lebih bagus dari sebelumnya,” pesan Sukoco.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pengurus Yayasan, Robet Henderi. Ia memberikan apreasi atas digelarnya Peringatan Muharram 1441 H ini, karena sangat bermanfaat. “Semoga kita semua mendapat kucuran rahmat dari Allah SWT,” tegasnya.

Sementara Ketum Yayasan Jami Al-Ikhlas, Ustadz Drs HM Makhtum, menegaskan bahwa dengan hadir di acara semacam ini harus diniatkan dengan silaturahmi. “Berkat tatap muka atau silaturahmi, bisa ketemu para sahabat satu RT atau dari RT lain. Juga dari majelis taklim satu ke majelis taklim lain. Bahkan pahalanya pun tidak terhitung,” paparnya.

Dari pantauan POSBERITAKOTA yang dibantu personil bidang kehumasan DKM, Sunarno dan Rohmat, acara Peringatan Muharram 1441H berlangsung meriah dan tertib. Terlebih lagi adanya peran wadah Kurma (Kumpulan Remaja Masjid Al-Ikhlas) yang dikomandoi Cecep Supriyatna di dalam menjaga keamanan kendaraaan yang terparkir rapi karena dilokalisir.

Kehadiran seluruh elemen masyarakat juga ikut menyemarakan acara. Baik itu yang hadir dari hampir seluruh Pimpinan dan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Pengurus Yayasan Jami Al-Ikhlas, kelembagaan RW dan RT-RT, pemuka agama maupun tokoh masyarakat – sehingga membuktikan nafas Islami semakin hidup di lingkungan RW 25 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH), Kelurahan Kebalen.

Kemudian, acaranya pun ditutup dengan makan bersama nasi tumpeng yang merupakan partisipasi dari 17 RT-RT yang ada di wilayah RW 25. Semoga, kegiatan tersebut menjadi model atau contoh terbaik, terutama pada pelaksanaan event-event di lingkungan Masjid Jami Al-Ikhlas RW 25 VGH berikutnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Beri Tanggapan