Berkolaborasi dengan JCCC, PEMPROV DKI Gelar Pameran Foto Menghadirkan Ruang Ketiga Publik

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan pameran foto bertajuk ‘Ruang Ketiga Jakarta’. Pameran selama dua hari yang diikuti komunitas peconta fotografi berlangsung di Balaikota Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi kegiatan pameran foto ini. “Selain lebih menggaungkan kehadiran Ruang Ketiga Publik yang nyaman bagi warga Jakarta untuk beraktivitas maupun berinteraksi, juga memberikan perasaan yang berbeda tentang Kota Jakarta. Terima kasih telah bersama-sama sebagai warga Jakarta membuat nuansa yang ada di masyarakat kita tentang Jakarta bisa lebih positif,” ujar Anies usai membuka kegiatan tersebut, Senin (21/10).

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta secara masif melakukan pembangunan insfrastruktur publik dalam dua tahun terakhir. Hal ini merupakan komitmen penuh dalam menghadirkan Ruang Ketiga Publik yang nyaman bagi warga Jakarta, baik untuk beraktivitas maupun berinteraksi. Penataan Ruang Ketiga Publik turut melibatkan seluruh komponen masyarakat. Sehingga, sesuai dengan konsep City 4.0, di mana pemerintah sebagai kolaborator dan masyarakat sebagai ko-kreator.

Oleh karena itu, Gubernur Anies menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta terus membuka diri untuk berkolaborasi. Dalam hal ini, seluruh masyarakat dapat membuat karya-karya fotografi atas kota Jakarta. Ia pun menuturkan, ada banyak perspektif tentang Jakarta, dari mulai bangunannya sampai kehidupan manusianya. “Sehingga, Jakarta menjadi kisah jutaan manusia dari berbagai macam latar belakang dengan begitu banyak peristiwa dan kegiatan yang bisa menjadi dokumentasi yang mengesankan,” tuturnya.

Inovasi kreativitas yang ada di masyarakat bersama dengan pemerintah yang punya kewenangan itu bekerja bersama, lalu muncul menjadi terobosan yang dirasakan masyarakat. “Kami bersyukur bisa jadi tuan rumah dalam memamerkan karya para content creator, khususnya fotografi atas wajah Jakarta. Karya foto yang saat ini dipamerkan, nantinya akan kita perluas sehingga bisa dilihat oleh masyarakat luas. Dalam kegiatan ini, Pemprov DKI berkolaborasi dengan Jakarta Conten Creator Community (JCCC),” jelas Gubernur Anies.

Baca Juga:  Di Kampus UIA Jakarta, FADLI ZON Minta Mahasiswa jadi Agen Perubahan Bangsa

Bagas Djinargo selaku juru bicara JCCC) menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta dan semua pihak yang telah terlibat dalam kolaborasi penyelenggaraan pameran foto ‘Ruang Ketiga Jakarta’.

“Melalui pameran foto ini, kami ingin menunjukkan bahwa di Jakarta sangat banyak Ruang ketiga yang bisa lebih dieksplor. Contohnya, apakah ada yang pernah sadar kalau trotar yang ada di Jalan Jenderal Sudirman sudah lebar sehinga banyak ruang untuk berinteraksi? Itulah salah satu dari sekian banyak ruang ketiga yang ada di Jakarta ini,” ucapnya.

Perlu diketahui, Jakarta Content Creator Community ini merupakan sebuah gagasan yang muncul dari beberapa fotografer dan kreator konten dari berbagai komunitas di Jakarta. Dalam pameran foto ini, puluhan fotografer dan kreator konten dari berbagai komunitas di Jakarta menggelar hasil karya apiknya dengan tema ‘Ruang Ketiga Jakarta’.

Pameran foto ini bertujuan untuk menayangkan sejumlah lokasi Ruang Ketiga Publik di Jakarta, yang menjadi tempat bertemunya masyarakat yang ada di Jakarta. Selain pameran, ada pula diskusi yang menghadirkan sejumlah fotografer ternama dan komunitas fotografer serta hobi lainnya. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan