Bahas Transportasi Terintegrasi di Jakarta, MENTERI BUMN ERICK TOHIR Sambangi Anies di Balaikota

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkunjung ke Balaikota DKI Jakarta, untuk bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan. Pertemuan untuk kali pertama ini guna menindaklanjuti Rapat Terbatas bersama Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Pertemuan Anies dengan Erick membahas soal transportasi yang terintegrasi sesuai arahan Presiden Jokowi. “Kami merasa terhormat atas kedatangannya Menteri BUMN Bapak Erick dan wakilnya. Beliau secara khusus datang ke sini sebagai bentuk inisiatif dan proaktif untuk memastikan bahwa rencana-rencana pembangunan di Jakarta berjalan tanpa hambatan,” ujar Anies di Balaikota, Selasa (29/10).

Anies menjelaskan pertemuan tersebut juga sebagai tindak lanjut Rapat Terbatas yang berlangsung di Istana Negara. Presiden Joko Widodo mengintruksikan agar ada pengintegrasian transportasi umum di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut membahas pengelolaan transportasi umum.

“Jadi, kita mengintegrasikan antara kereta api dengan transportasi darat sehingga bisa satu pengelolaan. Detilnya nanti akan ada tim kecil dari Pemprov DKI dan BUMN untuk mengkoordinir pekerjaan tersebut,” terangnya.

Baca Juga:  Momentum Pileg & Pilpres 2019, DAILAMI FIRDAUS Ajak Warga Jakarta Gunakan Hak Pilih

Integrasi yang dimaksud juga ditekankan, salah satunya penggunaan kartu Jak Lingko agar dapat diakses pada transportasi umum yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Dengan demikian warga Jakarta memperoleh kemudahan dalam mengakses transportasi umum massal ini.

“Hubungannya adalah supaya kereta api, LRT, angkutan umum lainnya itu berada di satu sistem yang sama sehingga warga cukup dengan satu kartu bisa menggunakan semua angkutan umum,” bebernya.

Sementara itu Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa pertemuan tersebut merupakan pertemuan pembuka, sehingga perlu waktu untuk merencanakan teknis pengintegrasian transportasi umum Jakarta.

“Ini pertemuan pertama, nanti saja setelah pertemuan lanjutan saya akan presentasikan secara total,” tandas Erick yang datang menemui Anies dengan berjalan kaki karena kantornya cuma bersebelahan dengan Balaikota di Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakpus. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan