MoU dengan 4 Operator Bus, PT TRANSJAK Tingkatkan Jaringan Koneksi Koridor Busway

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi melalui PT Transjakarta. Kali ini BUMD bidang transportasi tersebut melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan empat operator bus untuk memperbanyak koneksi di koridor busway dengan sistem transportasi di Ibukota.

Prnandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pengembangan Kerjasama Jasa Operator Bus Transjakarta dilakukan Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono beserta empat pengusaha bus tersebut di Depo Utama PT Transjakarta, Jl. Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur.

“PT Transjakarta telah melakukan pengembangan program kerja sama transportasi terintegrasi dengan baik. Melalui berbagai kolaborasi, PT Transjakarta secara bertahap dapat terus mengembangkan angkutan massal untuk menjangkau seluruh kawasan perkotaan, serta mampu melayani seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya usai menyaksikan PKS tersebut, Selasa (29/10).

“Kita semua menginginkan agar transportasi umum di Jakarta benar-benar bisa menjangkau seluruh wilayah, dan menjangkau lebih dari 95 persen penduduk Jakarta. Itu tidak bisa dikerjakan sendirian. Itu harus kita kerjakan bersama-sama. Kita lakukan kolaborasi,” jelas Anies.

Pengembangan kerja sama Jasa Operator Bus Transjakarta ini bertujuan untuk mendukung program Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan pelayanan transportasi angkutan umum dengan sistem terintegrasi.

“Selain itu juga harus memenuhi standar pelayanan minimal pada angkutan umum sebagai suatu bentuk pelayanan publik, serta memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk menggunakan angkutan umum dalam sistem Transportasi Jakarta dengan rute atau trayek yang terkoneksi dan berkelanjutan,” papar Anies.

Baca Juga:  Rayakan 10 Muharom, PEMPROV DKI JAKARTA Gelar Lebaran Bersama 5200 Anak Yatim

Adapun empat operator bus yang menjadi Penyedia Jasa Layanan Angkutan Umum Bus Transjakarta dalam MoU tersebut, terdiri dari operator bus sedang dan bus besar, yaitu: Koperasi Angkutan Lintas Bis Madya (Koantas Bima), Koperasi Pengemudi Angkutan Mikrobus DKI Jakarta (Kopami Jaya), PT Bianglala Metropolitan, dan PT Bayu Holong Persada.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Gubernur, Transjakarta sudah membukukan jumlah pelanggan per hari yang tadinya pada waktu kami masuk 702 ribu penumpang per hari, hari ini adalah 937 ribu. Hal ini pun berkat kerja keras rekan-rekan Transjakarta. Ini betul- betul sebuah kerja keras, kerja sama kolaborasi para insan Transjakarta dan para pelaku transportasi di Jakarta. Transjakarta, kita harus menjadi pengampu-pelayan bersama dengan para operator transportasi Jakarta,” tutur Agung Wicaksono.

Agung pun mengapresiasi para operator mitra bus Transjakarta yang selama ini telah melakukan kerja sama dengan baik. Ia berharap, ke depan kerjasama dengan operator lainnya semakin meluas dan berkembang. Selain penandatanganan MoU, turut diresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK), serta peletakan time capsule dan batu pertama penataan ulang sarana pendukung PT Transjakarta. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan