Datang dari Berbagai Kota, 250 PESERTA Ikuti Pelatihan Manajemen Masjid di Karawang

KARAWANG (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 250-an peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia, mengikuti Pelatihan Manajemen Masjid (Masjid Berdaya, Ummat Sejahtera), bertempat di Hotel Swiss Berlinn, Karawang, Jawa Barat, Rabu (30/10). Sedang kegiatan ini digelar atas prakarsa Yayasan Sahabat Kemanusiaan yang berdomilisi di Kota Karawang, Jawa Barat.

Kendati untuk yang pertama kali diadakan oleh Yayasan Sahabat Kemanusiaan, Asda II Bupati Karawang, memberikan apresiasi positif terhadap penyelenggaraan Pelatihan Manajemen Masjid yang mendapat sambutan hangat dari para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk meningkatkan pemberdayaan pengelolaan masjid dan pelayanan kepada jamaah.

Sedangkan Hari Setama selaku Direktur Yayasan Kemanusiaan yang juga Ketua Panpel Pelatihan, menegaskan bahwa tujuan dari pelatihan demi memberikan semacam pencerahan kepada pengurus DKM. Ke depannya, pengelolaan masjid tak bisa lagi dikelola secara konvensional. Tapi harus ditopang oleh kemampuan memanajemen masjid serta dukungan ilmu dan teknologi (IT).

Setelah pembukaan, pihak panitia langsung menghadirkan pembicara pertama Ustadz M Jazir ASP yang merupakan Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, masjid fenomenal di Yogyakarta. Materi-materi yang disampaikan mendapat perhatian serius dari seluruh peserta, lantaran bisa memberikan inspirasi bagi pengelolaan masjid yang ideal di Indonesia.

Baca Juga:  Wisata Rohani, JAMAAH MAJELIS AHBABUL MUSTHOFA BABELAN Mampir ke Objek Wisata Guci Tegal

Untuk pembicara kedua menampilkan Absar Jannatin yang kini sebagai Ketua Institut Akutansi Masjid. Dalam pemaparannya mengungkapkan betapa pentingnya peran bendahara masjid, harus melakukan transparansi dan akuntabel terkait keuangan yang dikelola masjid, sehingga muncul kepercayaan dari masyarakat (jamaah) dimana mereka tinggal.

Dalam acara Pelatihan Manajemen Masjid tersebut, peserta tak hanya diberi pencerahkan terkait bagaimana mengelola masjid secara ideal. Termasuk kiat-kiat memakmuran masyarakat. Untuk setiap sesi, peserta pun diberi kesempatan tanya jawab dengan para pembicara yang hadir.

Sementara untuk rombongan peserta dari Masjid Jami Al-Ikhlas RW 25 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi diikuti Khoirul Anwar (Ketua DKM), Harjono (Bendahara DKM) dan Agus Santosa (Humas DKM). Selain itu diikuti pula oleh Ustad Drs HM Makhtum (Ketum Yayasan), Zanuarianto (Bendahara Yayasan) dan Nanang Sofyan (Sekretaris Yayasan). ■ RED/GOES

Beri Tanggapan