Kini Dipimpin M Taufik, GUBERNUR ANIES Lantik Pengurus Korp Alumni KNPI DKI Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap para pemuda di Ibukota harus berkontribusi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Lembaga tempat bernaung para pemuda ini juga harus bisa menjadi teladan bagi generasi muda lainnya.

“Dari sejak dulu hingga sekarang, organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) banyak menelurkan pemimpin-pemimpin bangsa. Jadi, dengan adanya korp alumni KNPI ini diharapkan bisa berkontribusi bagi pembangunan di Jakarta,” ujar Anies saat melantik pengurus Korp Alumni KNPI DPD DKI Jakarta di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Menurutnya peranan KNPI sudah begitu banyak membantu pemerintah maupun masyarakat di berbagai bidang pembangunan.

“Saya jadi ingat saat masih muda dulu, wajar beda faksi, berkelompok-kelompok. Tapi kalau sudah jadi alumni, kita semua bersatu dalam perbedaan. Syukur alumni KNPI ini memiliki wadah, dan korp alumni KNPI tingkat DPD ini baru pertama ada di Jakarta,” ujar Anies di lokasi.

Anies juga mengucapkan selamat kepada para pengurus baru periode 2019-2023 di bawah kepemimpinan M. Taufik yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Ketua Dewan Penasihat Korp Alumni KNPI DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengatakan, pemuda di Jakarta harus memiliki keberanian dalam mengambil resiko.

“Contohnya saya dulu juga pernah jadi pengurus KNPI dan itu menjadi ajang gemblengan bagibkita, sehingga ketika saya menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta dalam dua periode, berani mengambil sikap dalam menghadapi berbagai persoalan di Jakarta,” tandas Prasetio.

Baca Juga:  Respon Seruan Gubernur DKI, PT OVAL ADVERTISING Promosikan Asian Games

Menurutnya, organisasi baru di KNPI itu jangan hanya menjadi simbol semata untuk menggiring masyarakat ke tujuan tertentu. Namun, alumni KNPI harus bisa menjaga kondusivitas Jakarta.

“Tanya saja ke adik saya yang jadi Gubernur yaitu Pak Anies. Saya selalu terbuka kok. Tidak ada yang ditutup-tutupi untuk kemajuan Jakarta. Pilpres dan Pilkada sudah selesai, jaga persatuan kita ke depannya untuk pembangunan Jakarta lebih maju,” tegasnya.

Ketua Korp Alumni KNPI DPD DKI Jakarta, Mohammad Taufik mengakui, organisasi yang dipimpinnya itu baru saja dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dia berharap, organisasi ini bisa berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mendorong pembangunan lebih maju.

“Kita disatukan lewat alumni KNPI. Mudah-mudahan organisasi ini dapat jadi sesuatu yang dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat. Karena pembangunan tidak bisa dilakukan oleh pemerintah semata, tapi butuh kolaborasi dengan masyarakat. Pembangunan itu tanggung jawab semua pihak,” kata Taufik.

Taufik menjelaskan bahwa KNPI saat ini diisi sebanyak 193 organisasi kepemudaan. “Jadi, keterlibatan pemuda dalam pembangunan sangat menentukan perbaikan pembangunan ke depannya,” ujarnya sambil menyampaikan pesan kepada seluruh pengurus baru agar menjaga soliditas. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan