Alokasikan Rp 2,41 T di APBD 2020, DEWAN Dukung Usulan Disdik DKI Buat Rehab 206 Sekolah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta boleh berbangga diri, karena usulannya untuk membangun gedung sekolah senilai Rp 2,41 triliun didukung DPRD DKI. Jadi, kemungkinan besar SKPD ini dapat merealisasi rehap total 86 gedung sekolah dan renovasi 120 gedung sekolah pada tahun anggaran 2020.

Hal itu terungkap pada rapat pembahasan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 di gedung DPRD DKI Jakarta, Jl Raya Kebon Sirih, Menteng. KUA-PPAS adalah embrionya APBD. Pada rapat tersebut, legislatif dan birokrasi membahas usulan Disdik yang akan membangun dan merenovasi sebanyak 206 gedung sekolah yang diajukan dalam KUA-PPAS 2020.

Usulan tersebut tampaknya mendapat dukungan dari Komisi E DPRD. “Rehab sekolah harus menjadi prioritas karena berdampak pada mutu pendidikan siswa. Efisiensi anggaran jangan sampai berdampak dalam peningkatan mutu pendidikan. Jadi, dewan mendukung usulan perbaikan gedung sekolah lebih diprioritaskan ketimbang kegiatan lain di Dinas Pendidikan,” ujar Ketua Komisi E Iman Satria, Jumat (1/11).

Baca Juga:  Mensikapi dengan Tenang, PENGACARA FERRY JUAN Kaget Kehilangan Akunnya di Facebook

Sementara, Plt Kepala Disdik DKI Jakarta, Syefulloh menjelaskan dari 206 sekolah yang diusulkan terdiri dari kategori rehab total ada 86 dan rehab berat serta sedang sebanyak 120 sekolah. Total anggaran yang diajukan untuk kegiatan ini sebesar Rp Rp 2,41 triliun.

“Tingkat dinas menangani rehab total, sedangkan berat dan sedang ditangani suku dinas,” ujar Syefulloh.

Dijelaskan Syefulloh, untuk pagu anggaran rehab total 86 gedung sekolah besarannya berbeda-beda, tergantung luas lahan dan bangunan yang akan dibangun ulang.

“Jadi, gedung lama dibongkar dahulu lalu dibangun baru dengan perhitungan anggaran sekitar Rp 5,8 juta per meter persegi. Semakin besar bangunan yang dikerjakan berdampak alokasi anggaran untuk satu gedung sekolah,” pungkasnya. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan