Rapat KUA-PPAS, WAHYU DEWANTO Tolak Usulan Pemprov DKI Hadirkan Artis Dunia di Jakarya E Prix

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Untuk memeriahkan ajang balap Formula yang akan digelar di Jakarta, Pemprov DKI berencana mendatangkan penyanyi mancanegara dengan alokasi anggaran miliaran rupiah. Namun rencana tersebut ditolak oleh DPRD yang justru mendorong pemerintah untuk menampilkan artis lokal supaya bisa go international.

Penolakan tersebut disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto saat rapat bersama eksekutif membahas Kebijakan Umum APBD serta Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020.

Perencanaan mendatangkan sejumlah artis dunia berbiaya mahal tersebut diusulkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta dengan alasan untuk memeriahkan perhelatan akbar balap mobil formula bertenaga listrik pada tanggal 6 Juni 2020.

“Kami keberatan apabila promosi Formula E yang menggunakan APBD memakai jasa artis luar negeri. Itu bentuk pemborosan,” kata Wahyu di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (14/11).

Menurutnya, alangkah baiknya jika even tersebut dimanfaatkan Pemprov DKI dan panitia Jakarta E Prix untuk mempromosikan artis lokal di mata dunia. “Kita punya banyak artis top. Mereka bisa dioptimalkan pada kegiatan tersebuat agar namanya makin mendunia,” sambung politisi Gerindra.

Menurut Wahyu, balap Formula E yang merupakan ajang olahraga internasional sepatutnya dimanfaatkan Pemprov DKI memperkenalkan artis-artis lokal yang memiliki kualitas mumpuni. Indonesia juga mempunyai penyanyi kelas dunia seperti Agnes Mo dan Anggun C Sasmi. “Formula E juga bisa menjadi momentum artis lokal untuk go international,” ujar Wahyu.

Baca Juga:  Tabrak Sparator Busway, 2 PEMUDA Tewas Boncengan Sepeda Motor di Gunung Sahari

Wahyu menilai Indonesia mempunyai segudang artis bertalenta yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara.”Makanya kita harus memberikan kesempatan artis lokal untuk tampil meramaikan Formula E,” tutup Wahyu.

Sebagaimana diketahui, Jakarta resmi menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik Formula E untuk seri balapan mobil listrik itu pada tahun depan. Jakarta juga dipastikan akan menjadi tuan rumah untuk lima musim balap ke depan. Untuk waktu pelaksanaan Formula E musim balap tahun depan juga sudah disepakati pada 6 Juni 2020. Balap mobil listrik itu akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan total rencana anggaran untuk penyelenggaraan balap Formula E sekitar Rp 1,3 triliun. Itu belum termasuk Jakarta Propertindo juga mengajukan Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk mengerjakan infrastrukturnya senilai Rp 305,2 miliar. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan