Diterima Anies dari Wapres Ma’ruf, PEMPROV DKI Raih Penghargaan Komisi Informasi Republik Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta mendapatkan anugerah penghargaan Komisi Informasi (KI) Pusat Republik Indonesia. Penghargaan untuk kategori “Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif” ini diberikan dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 di Gedung II Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

Wapres Ma’ruf menyampaikan selamat kepada Pemprov DKI dan tujuh pemprov lainnya yang mendapatkan penghargaan. “Selamat kepada pemerintah daerah yang menerima penghargaan dari Komisi Informasi. Hendaknya prestasi ini dapat terus dipertahankan dan menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya yang belum beruntung mendapatkan penghargaan,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, menerima langsung penghargaan yang diberikan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk penilaian tertinggi bagi Pemerintah Provinsi dari Monitoring dan Evaluasi dalam Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019. Selain itu, ada 7 (tujuh) Provinsi lainnya yang memperoleh penghargaan serupa.

Hal ini menunjukkan bahwa Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen mendukung pemerintahan yang transparan dan terbuka sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Bahkan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam hal keterbukaan informasi dinilai telah melampaui batasan yang ada di dalam UU KIP itu sendiri.

Baca Juga:  Diduga Cemarkan Nama Baik Gubernur Anies, IMMANUEL ABENEZER Dilaporkan KAHMI ke Polda Metro Jaya

“Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta kembali menjadi salah satu penerima penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Kualifikasi Informatif Tahun 2019 berdasarkan monitoring evaluasi oleh KIP Republik Indonesia,” ujar Anies.

Menurutnya komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam keterbukaan informasi juga telah melampaui kewajiban atau arahan UU KIP itu sendiri dengan memberikan akses informasi publik dalam berbagai aspek transparansi informasi tentang seluruh hasil kinerja Pemprov DKI Jakarta.

“Penerapan budaya keterbukaan informasi publik yang baik itu sangat penting bagi setiap badan publik atau pemerintahan terutama dalam aspek pengawasan,” tandasnya.

Ada 8 (delapan) Pemerintah Provinsi yang menerima penghargaan yaitu Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Kalimantan Barat, Pemprov Nusa Tenggara Barat, Pemprov Riau, Pemprov Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan