Demi Menunjang Kinerja Lewat IT, SUDIN KOMINTIK JAKPUS Sosialisasikan Aplikasi Sibit ke KPUD

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kepala Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Jakarta Pusat, Tatik Mulyati memberikan apresiasi atas terselenggaranya Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialiasi Sibit. Kegiatan tersebut merupakan terobosan dalam pembinaan terhadap para ASN memahami aplikasi digital untuk mendukung pekerjaan.

“Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan terutama kepada Kasi ITI yang memperkenalkan aplikasi Sibit kepada para unit kerja perangkat daerah (UKPD),” ujar Tatik saat membuka acara di kantor Walikota Jakarta Pusat, Senin (25/11). Disini peserta Diklat Pim diharuskan membuat terobosan rancangan Proyek Perubahan (Proper). Sementara terobosan yang diusung Seksi ITI yaitu Aplikasi Sibit.

Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dibuat melalui perkembangan teknologi informasi. “Salah satunya internet dapat memberikan pelayanan, di antaranya pelayanan kepada aparatur,” ujar Tatik. Aplikasi Sibit yang merupakan salah satu terobosan dari Seksi ITI, nantinya akan digunakan untuk unit kerja di lingkungan Pemkot untuk melaporkan gangguan teknis yang terkait dengan ITI.

Perlu diketahui terobosan layanan informasi muncul dari banyaknya laporan kalangan UKPD secara manual dengan cara mendatangi ke Sudin, telepon, maupun WhatsApp. “Dari sinilah Seksi ITI membuat terobosan dari sekian kanal menjadi satu kanal yang disebut Sibit,” jelasnya.

Diharapkan para peserta Bimtek supaya mengikuti dengan seksama dan serius karena ini manfaatnya sangat besar untuk ke depan dan jika kurang paham supaya ditanyakan langsung kepada nara sumber.

Baca Juga:  Atasi Pencemaran Udara, PEMPROV DKI JAKARTA Bersama Kedubes Denmark Gelar Diskusi Panel

Kepala Seksi Infrastrukur Telekomunikasi dan Informatika (ITI), Reihan Adinata mengatakan aplikasi Sibit manfaatnya sangat besar bagi UKPD karena di aplikasi ini unit kerja bisa melaporkan gangguan yang terkait dengan ITI secara langsung.

“UKPD yang mempunyai masalah gangguan teknis yang terkait ITI tidak perlu lagi datang ke Sudin Kominfotik, menelpon, atau kirim WhatsApp tapi cukup melaporkan pada satu kanal yaitu aplikasi Sibit sehingga semua permasalahan bisa segera ditangani,” jelas Reihan.

Lebih lanjut Reihan mengutarakan unit kerja/UKPD cukup dengan login melalui Sibit dengan username dan menggunakan password yang telah diberikan oleh Sudin Kominfotik Jakpus, bisa melaporkan permasalahan yang ada di unit kerja.

Sedangkan di dalam Sibit, selain bisa untuk membuat pelaporan, juga bisa mengetahui adanya fitur FAQ yang berguna untuk mengetahui hal-hal yang sering terjadi terkait dengan kejadian ITI sejak awal.

“Misalnya di unit kerja jaringannya bermasalah, tidak bisa mengakses, maka unit kerja sebelum membuat laporan ke Sudin bisa mengecek dulu melalui fitur FAQ. Ini fitur untuk membantu UKPD untuk mengetahui, jadi sebelum melapor ke Sudin, rekan UKPD sudah bisa melakukan pengecekan dini melalui tahapan yang diberikan,” ungkap Reihan. ■ RED/JOKO S/GOES

Beri Tanggapan