Disampaikan Saksi Ahli Pidana, PUTUSAN HAKIM Soal Gugatan Balik Sengketa Klaim Asuransi Dinilai Sudah Tepat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saksi ahli pidana dari Universitas Bahayangkara Jakarta Dr. Dwi Seno Wijanarko SH, MH mengatakan jika putusan tuntutan ditolak majelis hakim artinya pembuktian oleh jaksa penuntut umum (JPU) tidak terpenuhi dan telah selesai. “Dengan dasar putusan tersebut, maka status terdakwa yang melekat pada advokat Alvin Lim telah gugur,” ujarnya, Jumat (29/11).

Hal itu disampaikan Dwi Seno soal putusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Jaksel pada tanggal 20 November 2019 yang dibacakan Ketua Majelis Hakim PN Jaksel,Toto Ridarto, SH, MH pada sidang terbuka untuk umum. Menurutnya dengan adanya putusan tersebut, maka terdakwa bebas dari tuntutan hukum atas putusan dari PN Jakarta Selatan. “Ini merupakan putusan langka namun sah, sehingga terdakwa tidak dapat dikatakan bersalah. Karena dengan tuntutan ditolak JPU tak dapat membuktikan tuntutannya,” ujarnya.

Lebih lanjut saksi ahli mengatakan kemungkinan ini terjadi karena dari awal memang ada rekayasa peristiwa hukum atau kriminalisasi terhadap pengacara Alvin Lim dalam kasus pemalsuan dokumen klaim asuransi. Alvin selaku pengacara dari korban kasus klaim asuransi digugat balik oleh jaksa dan perusahaan asuransi AL.

Baca Juga:  Solichin HD SH : Jelang Lebaran Kejahatan Meningkat, Tergolong Sadis dan Keji

Sementara itu advokat Alvin Lim saat dihubungi wartawan mengatakan bahwa akhirnya keadilan dapat ditegakkan. Dengan dikembalikan berkas ke jaksa dan tuntutan jaksa ditolak sudah membuktikan bahwa ia tidak terbukti bersalah di pengadilan. “Silahkan jaksa dan AL sebagai pelapor mengambil langkah banding dan atau kasasi apabila tidak puas dengan keputusan hakim,” tandasnya.

Dari awal dia berupaya membela klien nasabah asuransi untuk mendapatkan keadilan sehingga kasus ini menyeret mantan Dirut AL sebagai tersangka lebih dulu. “Tujuannya agar masyarakat tahu betapa kotor cara-cara yang dilakukan oknum perusahaan asuransi untuk lepas dari jerat hukum dan mengkriminalisasi lawyer yang sedang menjalankan tugas,” bebernya.

Dalam kesempatan ini Alvin memberikan naskah petikan putusan Perkara 1036/Pid.B / 2018 PN Jaksel tertera mengadili: (1) Menolak tuntutan jaksa penuntut Umum terhadap terdakwa Alvin Lim, SH, MSC, CFP. (2) Mengembalikan berkas perkara ke Kejaksaan. (3) Membebankan biaya perkara ke Negara. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan