Sudin Dukcapil Jakpus Gelar Layanan Jemput Bola, RATUSAN SISWA Madrasah Mendapatkan KIA

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Pusat mendistribusikan 147 Kartu Indentitas Anak (KIA) bagi siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al- Muddatsiriyah, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran. Pendistribusian tersebut secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbaruddin pada upacara bendera di sekolah Islam tersebut, Senin (2/12).

Sekko Iqbal mengapresiasi layanan pemberian kartu tersebut. “Layanan ini sangat memudahkan bagi siswa-siswi untuk memperoleh KIA, tidak usah datang kelurahan atau kecamatan siswa tapi sudah langsung mendapatkan KIA,” ucap Iqbal. Pendistribusian KIA ini merupakan program Pemda DKI melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil bagi siswa-siswi mulai dari pelajar SD dan SMP yang berusia di bawah 16 tahun bisa diberikan kartu identitas tersebut.

Apalagi layanan ini dilakukan dengan cara jemput bola, ini sangat baik sekali sehingga tidak mengganggu anak didik saat mengikuti pelajaran di sekolah.

Hadir Camat Kemayoram Asep Mulyaman dan Lurah Utan Panjang, Ety Kusmiati dan sejumlah Ketua Dewan Kota (Dekot) Nasirman Chaniago.

Iqbal mengimbau sekolah-sekolah yang berlokasi di wilayah Jakarta Pusat dan anak didiknya belum memiliki KIA, silakan menghubungi Satpel Dukcapil Kecamatan terdekat.

Sejumlah siswa yang menerima kartu tersebut mengaku senang. “Kami senang dengan adanya layanan jemput bola ke sekolah sehingga kami tidak perlu lagi ke kantor kelurahan maupun kantor kecamatan,” kata Alifia Zaskia Tiara, siswa kelas 8 saat menerima KIA secara simbolis dari Iqbal Akbaruddin.

Baca Juga:  Koarmabar Gelar Lomba Foto & Karya Tulis Artikel HUT ke-72 TNI

Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Muddatsiriyah, Entang Subur mengucapkan banyak terima kasih kepada Satpel Dukcapil Kecamatan Kemayoran yang memberikan layanan jemput bola sehingga siswanyq sudah memiliki KIA. “Terima kasih, Pak. Siswa kami sekarang sudah memiliki KIA, ini sangat besar manfaatnya,” kata Entang.

Kasatpel Dukcapil Kemayoran, Fredy menjelaskan penerbitan KIA bertujuan agar anak maupun siswa di bawah usia 17 tahun juga memiliki kesetaraan dalam hal mendapatkan akses terkait pelayanan publik. Lebih dari itu KIA merupakan dokumen penting manakala terjadi kondisi darurat.

“Di Kecamatan Kemayoran, jumlah penduduk 0 – 16 tahun 72.828 orang terdiri dari laki laki 37.711 dan perempuan 35.167, sedangkan KIA yang telah didistribusikan sebanyak 40.820 atau 56.01 % ini sudah termasuk siswa SD dan SMP. Sementara KIA yang telah didsitribusikan untuk siswa SD periode Agustus – November sebanyak 3.847 dan SMP periode Agustus – November 2.230,” terang Fredy. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan