Rayakan Hubungan Sister City ke-25, JAKARTA & Berlin Gelar Orkestra Mini Tampilkan Artis Muda dari Jerman

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta bersama Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia akan menyelenggarakan acara Mini Concert Orchestra Maximilian & Philip bersama Canisius Wind Ensemble (CWE) pada Sabtu tanggal 14 Desember 2019, di Balaikota Jakarta. Konser mini tersebut merupakan puncak dari serangkaian acara perayaan 25 tahun Kerja Sama Sister City Jakarta-Berlin, baik yang diselengggarakan di Jakarta maupun di Berlin.

Hal ini disampaikan Kepala Subbagian Kerja Sama Sister City Pemprov DKI Jakarta, Yudi Hermawan, dalam konferensi pers yang diadakan di Balaikota Jakarta. Yudi menjelaskan, sejak 2018, serangkaian acara telah diselenggarakan untuk memeriahkan perayaan hubungan kedua kota. Di antaranya, kegiatan coaching clinic for soccer di Stadion Soemantri Kuningan Jakarta Selatan, Pagelaran Seni Budaya Jakarta di Berlin, penempatan tenaga ahli Berlin di Pemprov DKI Jakarta selama 24 bulan (2019-2020), Berlin Soccer Tournament, Lokakarya Partisipasi Penyandang Disabilitas Jakarta-Berlin, ‘Mural Persahabatan Jakarta-Berlin’ di Terowongan Kendal Dukuh Atas oleh seniman dan juga arsitek dari Berlin, Jesko Malkolm Johnsson Zahn serta seniman Darbotz, dengan sejumlah seniman Jakarta, Jakarta International Performing Arts 2019 di Monas, dan Jakarta Berlin Festival 2019 di Terowongan Kendal.

“Rangkaian acara dimulai pada Rabu, 11 Desember di Balaikota Jakarta, dengan diselenggarakan lokakarya tentang Aplikasi Implementasi Pengendalian Banjir. Lokakarya itu mengundang narasumber dari Technichse Universitat (TU) Braunschweigh, Jerman,” kata Yudi, Rabu (11/12)

Baca Juga:  Datang ke Palu-Sigi-Donggala, ERNA SANTOSO Gelar Program Trauma Healling & Bikin Crisis Center

Sebagai penutup rangkaian acara perayaan pada tahun 2019 ini, Yudi menerangkan, konser mini akan menghadirkan 2 (dua) Musisi Muda dari Jerman, yaitu Maximillian Schaier, Direktur Zükunftklag, dan Philipp Jonas, Juara Pertama Kompetisi Liga Pemusik Muda Jerman (Kings of Classic), serta penampilan Canisius Wind Ensemble Jakarta. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh penampilan ballerina muda, Angelina Natalie Halim yang baru saja memenangkan kompetisi ballerina muda di Korea Selatan.

Melalui penyelenggaran konser mini ini, Jakarta dan Berlin semakin meningkatkan kemitraan kedua kota yang dapat mempresentasikan keanekaragaman, semangat, toleransi, kedamaian, dan modernitas. Yudi pun menyampaikan, meskipun konser mini ini merupakan penutupan serangkaian acara perayaan HUT ke-25 Kerja Sama Sister City Jakarta-Berlin, namun kerja sama kedua kota masih akan terus berlanjut dan mencakup berbagai bidang kerja sama.

“Semua tidak berhenti sampai di sini, tetap berlanjut. Seperti misalnya, rencana kerja sama European Commission, Pemerintah Kota Berlin dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Proyek Smart Change, dalam Menguatkan Tata Kelola Kota, Kesejahteraan, dan Inovasi di Jakarta Tahun 2019 sampai dengan 2022 yaitu kerja sama dalam bidang smart city,” ujar Yudi. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan