Ada 21 Atlet Silat Berprestasi Tingkat Nasional, KONI JAKARTA TIMUR Beri Penghargaan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ketua KONI Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang, memberi penghargaan kepada atlet pencak silat asal Jakarta Timur yang berprestasi di tingkat nasional dalam acara Kejuaraan Pencak Silat Pelajar s-Jakarta Timur yang berakhir Minggu (29/12) kemarin, di GOR Ciracas, Cijantung, Jakarta Timur.

Terdapat 21 atlet pencak silat asal Jakarta Timur yang prestasinya mencapai tingkat nasional di tahun 2018 dan 2019. Mereka yang diberi penghargaan tersebut adalah pesilat berprestasi di tingkat Asia seperti pada Asian Games 2018, prestasi pesilat pada kejuaraan POMNAS 2019 dan pesilat pada POPNAS Mahasiswa 2019.

Atlet penerima penghargaan tersebut terdapat dua nama pesilat putri yang hebat yang sudah mengharumkan nama Indonesia di arena Asian Games 2018 yakni Pipit Kamelia dan Puspa Arun Sari. Indonesia sebagai tuan rumah, meraih 31 medali emas, 24 medali perak dan 43 medali perunggu.

Sedangkan dari 31 medali emas tersebut 14 di antaranya diraih dari arena pencak silat.
Dan, dari 14 medali emas, justru 5 medali emas di antaranya diraih oleh atlet DKI Jakarta. Baik itu 2 oleh pesilat dari Jakarta Timur, yakni Pipit dan Puspa. Keduanya juga hadir di tengah-tengah pesilat yang bertanding dalam kejuaraan pelajar yang berlangsung di GOR Ciracas Jakarta Timur.

Selain itu penghargaan diberikan kepada pesilat yang berprestasi di arena SEA Games. Di arena ini Indonesia meraih juara umum dengan dua medali emas 3 perak dan 2 perunggu. Dari dua medali emas tersebut satu medali emasnya diraih oleh pesilat Jakarta Timur yakni Puspa Arun Sari. Kemudian di arena POMNAS 2019, DKI Jakarta meraih 5 medali emas, 1 medali emas di antaranya diraih oleh pesilat dari Jakarta Timur dan arena POPNAS DKI Jakarta meraih 2 medali emas, keduanya diraih oleh pesilat kebanggaan dari Jakarta Timur.

Baca Juga:  Di Puncak Klasemen F1, LEWIS HAMILTON Sudah 'Juara' Separuh Musim

Dalam acara pemberian penghargaan itu, hadir di antaranya Wakil Walikota Jakarta Timur, Uus Kuswanto, S.Sos, M.AP, Wakil Ketua IPSI DKI, dan Ketua IPSI Jakarta Timur, Mayor TNI AL, Sunardi. Wakil Walikota Jakarta Timur, Uus Kuswanto dalam sambutannya menyatakan pemberian penghargaan tersebut mesti dijadikan tradisi bagi KONI Jakarta Timur sebagai bentuk apresiasi terhadap atlet dan dalam rangka mendorong mereka untuk terus berprestasi.

Sementara itu Ketua KONI Jakarta Timur, Wilbertus Sihotang menyatakan bahwa penghargaan tersebut adalah bagian dari apresiasi yang mendalam dalam ragka mendorong para pesilat untuk terus mengejar prestasi tebraik mereka baik di arena nasional maupun di arena Asia dan dunia.

Menghadapi PON XX yang tinggal beberapa bulan lagi tersebut, Wilbertus berharap pesilat dari Jakarta Timur bisa menyumbangkan prestasi terbaik mereka demi nama besar DKI Jakarta di arena olahraga naisonal.

“Sekarang kita sedang menghadapi PON XX/2020 di Papua. DKI menyiapkan 19 atlet. Dari Jakarta Timur menyumbangkan 5 pesilatnya. Kelima pesilat tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangan prestasi terbaik di arena PON mendatang. Kalau bisa pesilat dari Jakarta Timur dapat menyumbangkan medali emas terbanyak bagi DKI Jakarta. Mudah-mudahan melalui apresiasi ini dan juga kejuaraan pencak silat pelajar yang berkesinambungan akan muncul kemudian pesilat-pesilat berprestasi di tingkat nasional bahkan di tingkat dunia,” ucap Wilbertus Sihotang, mengakhiri. ■ RED/MIKE WANGGE/GOES

Beri Tanggapan