Ceramah Soal Sholat Berjamaah, USTADZ NUR ALI Ingatkan Jangan Bawa Kebencian Saat di Masjid

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Jangan bawa sikap atau perasaan kebencian pada seseorang, ketika sudah memasuki masjid (Rumah Allah SWT). Justru sikap dan perasaan yang merupakan ‘penyakit hati’ itu, apalagi sebagai sesama Muslim, harus dibuang jauh-jauh. Meski hal tersebut tak mengurangi nilai sholat atau ibadah seseorang.

Salah satu ayat suci Al-quran menyebutkan : Inna Sholata Tanha Anil fhsyai Wal Munkar. Sesungguhnya, sholat itu adalah mencegah dari perbuatan dosa atau munkar. “Jadi, selama ketika kita sholat itu, ya harus ingat Allah SWT. Lepas urusan duniawi, lepas segala rasa benci dan selesai sholat maka dapat terjalin persaudaraan,” ucap Ustadz Nur Ali S Pd.I.

Tanya jawab itu mengemuka atas pertanyaan jamaah, saat Ustadz Nur Ali S Pd.I mengisi jadwal Ta’lim Ba’da Magrib di Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Minggu (12/1/2020) malam. Selanjutnya, ia pun mengupas tema soal sholat berjamaah di masjid yang jauh lebih bagus dari sholat sendiri di rumah.

“Sholat berjamaah bagi laki-laki Mukimin, hukumnya Fardu Kifayah. Sebab, syiar pertama di masjid itu adalah sholat berjamaah. Satu langkah seseorang yang menuju masjid, Allah SWT kasih hadiah satu derajat, dari 27 derajat,” papar ustadz yang memiliki ciri khas bicara lembut tersebut.

Baca Juga:  Jangan Buang Lemak di WC, PD PAL JAYA Sosialisasikan Pemeliharaan IPAL Komunal

Tidak hanya itu saja, menurut Ustadz Nur Ali lebih lanjut, setiap langkah yang berniat sholat berjamaah di masjid juga bisa menghapus dosa seseorang. “Bahkan Allah SWT menugaskan ada satu Malaikat untuk mendoakan seseorang saat sholat berjamaah di masjid,” ucapnya.

Dalam pemaparannya, sebaiknya sholat itu dengan Imam. Dan, kita sebagai Makmum. “Contoh jika sholat Isya berjamaah, bagaikan kita sholat satu malam penuh. Bahkan, seandainya dilaksanakan selama 40 hari dan tak luput dari Takbirakum Ikrom, maka Allah SWT akan bebaskan kita dari jilatan api neraka,” kata Ustadz Nur Ali, lagi.

Disebutkan pula dahsyatnya keistimewaan sholat Subuh berjamaah yang jatuh pada hari Jumat. Dosa-dosa seseorang itu bakal diampuni oleh Allah SWT. Juga tidak ada masalah apabila dilakukan di tempat atau masjid yang berbeda-beda. Yang penting, tambah Ustadz Nur Ali, imam sholatnya baik dan tidak meragukan.

Usai digelar Ta’lim Ba’da Magrib di Masjid Jami Al-Ikhlas, Ustadz Nur Ali S Pd.I yang didampingi Ketua DKM Khoiril Anwar dan Ketua Pengurus Harian Yayasan Jami Al-Ikhlas H Robet Herdein Hidayat beserta Ketua RW 025 Sukoco – nampak beramah tamah bersama para jamaah untuk menikmati hidangan ringan. ■ RED/AGUS SANTOSA

Beri Tanggapan