Setelah 5 Januari Dikukuhkan, PWOIN Audiensi Bersama Diskominfo Kota Depok

DEPOK (POSBERITAKOTA) – Setelah secara eksistensi dilaksanakan pengukuhan Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOIN) Kota Depok pada Minggu 5 Januari 2020 silam, kemudian diadakan pertemuan lanjutan berupa audensi bersama Dinas Kominfo Kota Depok.

Dalam audensi PWOIN Kota Depok malah diterima langsung oleh kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono didampingi, kabidnya, Oding dan Agus Supriyanto (Apray) dan dihadiri oleh jajaran kepengurusan PWOIN Kota Depok.diruang kerjanya di Gedung Baleka II lantai 7, Jumat (24/1/2020).

Sidik Mulyono selaku Kepala Diskominfo Kota Depok, menyampaikan apresiasi atas perkumpulan wartawan online yang telah terbentuk dan dilakukan pengukuhan sekaligus pelantikan jajarannya.

Selain itu Sidik juga berharap bahwa PWOIN Kota Depok dapat menjalin kemitraan yang baik dan konfrehensip yang berimbang dalam menyajikan informasi untuk di baca publik pada medianya masing – masing.

“Sebab, di kota Depok ini banyak wartawan, tetapi wadah organisasinya juga perlu ada. Kami Diskominfo Depok akan memudahkan, mengakomodir mana wartawan yang terkoordinir oleh organisasi wartawan dan mana yang free lance terang Kadiskominfo Depok.

DitambahkanSidik yang sering berinteraksi dengan para awak media, sesuai arahan dewan pers bahwa wartawan dia anjurkan untuk memiliki UKW upaya meningkatkan standar atau kualitas individu wartawan harapnya.

“Yang pasti, saya sudah melihat konten para wartawan yang up date menulis pada medianya, minimal ada 3 berita hasil liputan” ujar dia.

Pada bagian lain, Oding yang merupakan Kabid Kominfo dan didampingi Apray, juga menegaskan bahwa wartawan dianjurkan bergabung pada media yang memiliki badan hukum serta terdaftar perusahan medianya pungkas dia

Baca Juga:  Setelah 'Kedai Ayam Gosong', AGUS ASIANTO Kembangkan Sayap Bikin Usaha 'Oom Blues Coffe'

Menurutnya jika bicara online sudah pasti akan terkoneksi dengan Aleksa yang menjumlah jumlah followers nya. Sehingga follower itu dapat dijadikan incam perusahan media dan wartawan.

Karena itu pula, Oding menururkan bahwa Diskominfo Depok akan menyediakan anggaran pembinaan wartawan untuk ikut UKW, meski anggaran yang di usulkan namun tercoret, tetapi kami usahakan anggaran tersebut di ABT imbuhnya.

Sementara itu Benny Gerungan, Ketua PWOIN Kota Depok, mengucapkan terimakasih atas dukungan Diskominfo Depok atas terselenggaranya kegiatan pelantikan dan diskusi wawasan kebangsaan PWOIN Depok. Termasuk bakal bersinergi dengan Diskominfo.

“Masih tentang UKW, kita sudah siapkan konsep untuk meningkatkan standarisasi wartawan. Kami juga akan mengadakan try out dahulu sebelum dilakukan UKW,” tegas Benny seraya menyebut UKW ada tiga kategori yang meliputi untuk pemula, madya dan utama.

PWOIN Depok sebelumnya akan memberikan pembekalan, pelatihan terkait 5W1H serta cara karakter tulisan, liputan, investigasi dan wawancara. Saat ini sedang menyusun rencana program jangka menengah – panjang (RPJMP), tentu harus menyiapkan SDM – SDM yang mumpuni, terutama wawawan kebangsaan karena PWOIN adalah sebagai wartawan Indonesia.

Begitu usai pembahasan audensi PWOIN Kota Depok dengan Diskominfo Kota Depok, kemudian diselingi pemberian cindera mata, Piagam Penghargaan Smart City yang artinmasyarakat Kota Depok sudah pada cerdas – cerdas sesuai fungsi Pers yakni mencerdaskan bangsa. ■ RED/AGUS SANTOSA

Beri Tanggapan