Gelar Rapat Bersama, DKM JAMI AL-IKHLAS RW 025 VGH Kebalen Persiapkan Perayaan Isro Miroj

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Usai memaparkan secara detail laporan pertanggungjawaban (LPJ) penyelenggaraan acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada awal Desember lalu, kelembagaan Dewan Kemakmuran Masjid Jami AlIkhlas RW 025 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi – kembali mempersiapkan acara peringatan Isro Miroj.

Menurut Ketua DKM Al-Ikhlas, Khoirul Anwar, untuk rencana penyelenggaraan Isro Miroj sedianya dijadwalkan pada 22 Maret mendatang. Oleh karenanya, semua unsur pengurus DKM, perlu mengadakan pertemuan dengan Ketua RW 025 serta seluruh Ketua RT. Termasuk melibatkan tokoh masyarakat dan pemuka agama maupun remaja masjid setempat.

Sedangkan untuk pendanaan pelaksanaan perayaan Isro Miroj, ditambahkan Khoirul Anwar, bakal menggunakan sisa dana dari acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun begitu, tak menutup kemungkinan adanya partisipasi jamaah masjid atau warga masyarakat di lingkungan RW 025.

Ada hal baru yang ingin dilakukan DKM melalui PHBI (Panitia Hari Besar Islam). Apa itu? Rencananya, khusus untuk penyelenggaraan Isro Miroj mendatang, bakal mempercayakan kepada kalangan remaja. Dukungan pun datang dari Ketua RW 025 Sukoco, sejumlah RT serta pemuka agama dan tokoh masyarakat.

“Saya sangat setuju, jika kalangan remaja masjid diberi peran. Biar ada regenerasi. Prinsipnya, kelembagaan RW akan mensupport secara maksimal,” tegas Sukoco dalam rapat bersama, Minggu (2/2/2020) malam kemarin.

Baca Juga:  Biar Kinerja Terarah, DPE DKI JAKARTA Gelar Renja 2020 Berorientasi RPJMD

Hal senada juga disampaikan Dhany, Ketua RT 03 di wilayah RW 025 VGH Kebalen. Menurutnya itu merupakan langkah yang pas, karena ingin memberikan kewenangan sebagai panitia kepada anak-anak remaja. “Saya setuju sekali. Karena itu, kalangan RT pun siap mendukung,” ucap dia.

Kriss Yan Ari, tokoh masyarakat, juga ikut memberikan dukungan apabila DKM bersama PHBI benar-benar ingin mempercayakan pelaksanaan acara Isro Miroj kepada kalangan remaja masjid. Sangat bagus karena ingin memberikan pengalaman sekaligus memberdayakan kalangan remaja masjid di lingkungan.

Ustadz Jajang Permana, pemuka agama yang juga dikenal sebagai mantan Ketua DKM Jami Al-Ikhlas pertama tersebut, justru meminta agar niat tersebut bisa segera dilakukan. Hanya saja, tambah dia, tetap harus diback-up oleh seluruh unsur pengurus DKM.

“Saya yakin mampu, kok, apalagi kalau remaja diberi kewenangan itu. Sebab, kalangan remaja masjid di RW 025 ini, memiliki potensi yang cukup besar. Jadi, saatnya diberi kepercayaan, tapi sekaligus juga harus diberi bimbingan,” tegasnya.

Jika tidak sekarang, kapan lagi? Sebab, selama ini kalangan remaja masjid, juga telah banyak dilibatkan dalam event Hari Besar Islam. Seperti di acara perayaan 1 Muharom dan juga Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun 2019 yang baru lalu. ■ RED/ROHMAT/GOES

Beri Tanggapan