Alokasikan Anggaran Rp 14,48 M, PEMPROV DKI Siap Umrohkan 517 Jamaah & 100 Imam Masjid

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta tiap tahun sudah biasa mengumrohkan ratusan marbot (pengurus masjid) dan pengurus majelis taklim di Ibukota. Namun untuk memberangkatkan seratusan imam masjid ke Tanah Suci baru akan dilakukan untuk pertama kalinya pada tahun 2020.

Targetnya sebanyak 100 imam masjid yang tersebar di segala penjuru wilayah DKI Jakarta akan mendapatkan program paket umroh gratis. Mereka akan diberangkatkan secara bersamaan dengan marbot dan majelis taklim usai Idul Adha atau Bulan Haji. Untuk program inj, Pemprov DKI bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Hendra Hidayat mengatakan, rencananya tahun ini akan diberangkatkan 267 marbot, 150 pengurus majelis taklim, dan 100 imam masjid. “Jadi, totalnya akan diberangkatkan sebanyak 517 jamaah dengan alokasi anggaran sebesar Rp 14,48 miliar,” ujar Hendra di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (14/2).

Hendra menjelaskan anggaran tersebut bersumber dari APBD Tahun 2020 yang akan dihibahkan kepada DMI Provinsi DKI Jakarta.

Menurutnya, dengan hibah dana sebesar itu, semua kebutuhan untuk umroh akan ditanggung Pemprov DKI Jakarta. “Jamaah umroh nantinya akan difasilitasi menginap di hotel bintang 5 dan dipastikan mendapatkan layanan yang baik mulai dari berangkat hingga kembali ke Tanah Air,” terangnya.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi DKI Jakarta, Makmun Al-Ayyubi menyampaikan terima kasih kepada Pemprov DKI yang mulai membudayakan program umroh gratis untuk marbot, pengurus majelis taklim, dan imam masjid.

Baca Juga:  Lahan di Ibukota 20 Persen Belum Bersertifikat, PEMPROV DKI Luncurkan Gugus Tugas Reforma Agraria

“Alhamdulilah, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, terutama kepada Gubernur Bapak Anies Baswedan dan seluruh jajarannya. Sejak beberapa tahun ini Pemprov DKI secara rutin memberangkatkan ratusan jemaah dari kalangan marbot dan majelis taklim. Bahkan kini merambah kepada imam masji ,” ucapnya Makmun.

Menurutnya pemberangkatan umroh seluruh takmir masjid dilaksanakan setelah Idul Adha yang diperkirakan sekitar bulan Agustus. “Proses seleksi melalui pengurus Dewan Masjid kelurahan dan kecamatan yang mengajukan nama takmir masjid untuk diberangkatkan,” ucapnya.

Sedangkan syarat bagi takmir masjid antara lain terdata sebagai penerima bantuan hibah dari Pemprov DKI Jakarta, serta mengantongi surat rekomendasi dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), dan PM 1 dari kelurahan.

“Untuk pesyaratan lainnya, minimal telah mengabdikan diri di masjid selama lima tahun,” pungkasnya.

Sulhi, salah satu peserta program umroh gratis tahun 2018 merasa bersyukur bisa beribadah ke Tanah Suci yang sebelumnya tidak pernah diimpikannya mengingat biayanya besar.

“Alhamdulillah, berkat kepedulian Pemprov DKI saya bisa memenuhi panggilan Allah ke Baitullah,” ujar marbot kawasan Krukut, Kec. Tamansari.

Bahkan Sulhi mengaku kala itu tidak keluar duit sedikit pun. “Selain itu, semua jamaah dapat uang saku Rp 2 juta,” ungkap Sulhi. ■ RED/JOKO S/GOES

Beri Tanggapan