PosBeritaKota.com
Opini

Masih Soal Haji 2021, PIMPINAN DPR RI Don Dasco Terbukti Benar & Bukan Hoax

OLEH : ALI LUBIS, SH

INFORMASI mengenai tidak adanya kuota haji 2021 yang akan dilaksanakan di Tanah Suci Mekkah Arab Saudi untuk negara lain bukan isapan jempol belaka, informasi awal yang diterima dan disampaikan oleh Pimpinan DPR RI Don Dasco terbukti benar bukan Hoax.

Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji asal Indonesia di umumkan secara resmi oleh menteri agama sempat rame, bahkan menimbulkan banyak opini macam-macam yang tidak berdasarkan fakta.

Tudingan macam-macam pun berkeliaran di Media Sosial, bahkan Rocky Gerung pun ikut-ikutan membuat analisa aneh dan sok tau terkait adanya pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji ini.

Bahkan dia mengaitkan nya dengan permasalahan yang dialami oleh HRS, lalu mengaitkan dengan adanya permasalahan diplomasi Indonesia terhadap Arab Saudi dll, ironisnya terkait persoalan diplomasi tersebut ternyata dibantah langsung oleh Pihak Dubes Arab Saudi Mr. Essam Bin Abed Al Thaqafi saat mendatangi pihak MUI di Jakarta.

Secara Fakta akhirnya Pihak Kerajaan Arab Saudi mengumumkan Terkait kepastian Penyelenggaraan Haji 2021, dimana quotanya hanya untuk 60.000 Jamaah saja. Dan itu terbatas untuk Jamaah Domestik saja yaitu Warga dan Ekspatriat yang ada di Arab Saudi. Jelas dan tegas artinya tidak ada 1 pun Negara selain Arab Saudi di dunia ini yang mendapatkan quota untuk jamaah haji tahun 2021.

Informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji tersebut langsung disampaikan oleh Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud kepada Menlu Indonesia Retno Marsudi melalui sambungan telepon.

So, sebaiknya sekarang sudahi dalam menganalisa aneh-aneh terkait adanya pembatalan Pemberangkatan jamaah haji 2021, mari kita kembali fokus dan bekerjasama dengan semua elemen anak bangsa dalam penanganan covid 19 di Indonesia. (***)

(PENULIS adalah Praktisi Hukum dan tinggal di Jakarta)

Related posts

Banyak Pintu Rahmat, PUASA RAMADHAN dalam Konteks Mengendalikan Penggunaan Media Sosial

Redaksi Posberitakota

JIKA ADA PENGURUS MELAKUKAN NON PROSEDUR, PEMBINA ATAU KETUA YAYASAN WAJIB TEGUR & MINTA KLARIFIKASI AGAR JANGAN DIBIARKAN JADI PRESEDEN BURUK

Redaksi Posberitakota

KLB Partai Demokrat, ANTARA PERTARUNGAN POLITIK & KOMANDO

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment