PosBeritaKota.com
Sport

SETELAH PANGERAN ASAL ARAB SAUDI KUASAI SAHAM MAYORITAS, STEVE BRUCE POSISINYA DIUJUNG TANDUK DI NEWCASTLE UNITED

INGGRIS (POSBERITAKOTA) – Sejak masuknya pemilik baru alias Pangeran asal Saudi Arabia, perbincangan soal klub Newcastle United selalu menarik. Kali ini, dalam rangka pembenahan klub, siapakah yang bakal didepak untuk pertama kali?

Orang lalu melirik Steve Bruce, manajer klub. Ia sudah seperti zombie, ‘dead man walking’. Dibilang hidup, tak punya otoritas. Dikatakan mati wong nyatanya masih hidup. Posisinya serba kikuk.

Pemilik klub baru asal Saudi Arabia, yang membeli saham mayoritas senilai 305 juta pound (6,1T), jelas membuat kursi pelatih berusia 60 tahun ini terancam.

Newcastle kini di posisi 19, dari 20 klub yang bertanding, dan jelas dalam bahaya degradasi bila tak dilakukan perubahan. Meski masih terlihat di lapangan latihan Selasa kemarin, Bruce yang mulai melatih klub sejak Juli 2019 kemungkinan bakal dipecat pemilik baru dalam 24 jam kedepan.

Selain membawa klub terpuruk, blunder Bruce di tahun 2019 adalah pembelian striker asal Brazil -Joelinton- senilai 40 juta pound yang baru menghasilkan 4 gol dari 76 penampilan. Dengan performa ini sulit rasanya bagi pemilik baru untuk memberikan kepercayaan pada Bruce.

Pembenahan harus cepat dilakukan. Bila ia didepak, dikabarkan Bruce akan mendapat kompensasi sebesar 8 juta pound, 160 milyar. Graeme Jones, asistennya, akan menangani klub untuk sementara waktu saat Newcastle bertanding melawan Totenham hari Minggu (17/10/2021) nanti.

Nampaknya Bruce tidak dipercayai pemilik baru yang akan menggelontorkan uang 300 juta pound, sekitar 6 trilyun rupiah, untuk belanja pemain di waktu mendatang.

Siapa pengganti Bruce?
Beberapa nama masuk daftar, diantaranya Frank Lampard yang ditendang Chelsea pada Januari, Brendan Rodgers yang saat ini menangani Leicester atau Lucien Favre manajer Borussia Dortmund. Ada nama lain yakni Graham Potter yang tampil mengesankan dengan Brighton. Siapa tahu ada nama lain muncul. Uang memang sangat ampuh disini.

Pemilik asal Saudi ingin klub cepat tampil moncer, mereka tak mau kalah dengan saingan tajirnya, Sheikh Mansour dari Abu Dhabi yang membeli klub Manchester City di tahun 2008.

City sudah lima kali juara Liga Inggris, dan sekarang berlaga di liga Champion Eropa. Musim ini Manchester Biru bahkan menorehkan rekor pembelian pemain termahal, Jack Grealish, yang mencapai 100 juta pound!

Tebak-tebakan manggis, dipecatkah Steve Bruce dalam 24 jam ke depan? ■ RED/GUNAWAN WIBISONO/EDITOR : GOES

Related posts

Jelang Tes di Qatar, MARQUEZ Ngaku Siap Tampil di Arena Balapan MotoGP 2019

Redaksi Posberitakota

Singkirkan Ronaldo & Messi, LUKA MODRIC Raih Gelar ‘The Fifa Best Men’s Award 2018’

Redaksi Posberitakota

Ketiban Apes Lagi, ROSSI Bagian Insiden Sejumlah Pebalap di Sirkuit de Barcelona

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment