31.5 C
Jakarta
1 December 2022 - 17:10
PosBeritaKota.com
Syiar

PROGRAM ‘GANASTRI’ MASUK TAHUN KE-3, QUBIL AJ BERBAGI RATUSAN NASI BUNGKUS & BERI SANTUNAN

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Awalnya terinspirasi karena ada masa pandemi COVID-19 di awal tahun 2000 silam, program ‘GANASTRI‘ (Gerakan Nasi Tiga Hari) untuk berbagi nasi bungkus terus berjalan sampai sekarang. Dari hitungan waktu sudah masuk tahun ke-3 perjalanan. Berawal dari cuma puluhan yang didistribusikan, kini malah terbanyak mencapai 400 hingga 600 nasi bungkus.

“Cukup panjang memang proses atau perjalanannya. Tapi, alhamdulillah, bisa terus berjalan sampai sekarang. Awalnya, mulai dari 15 atau 30 nasi bungkus, tapi sekarang mencapai ratusan. Juga ada pemberian santunan,” ucap aktor sinetron komedi religi ‘Islam KTP‘ (SCTV) itu kepada POSBERITAKOTA, Minggu (13/4/2022) malam.

Program ‘GANASTRI‘ dijalankan mulai hari Rabu, berlanjut ke Kamis dan sampai Jumat. Saat awal-awal ada pandemi COVID19, Qubil AJ berbagi langsung ke lapangan. Ada kalangan pemulung, sopir angkot maupun siapa saja yang dianggap tepat sasaran untuk diberi nasi bungkus. Khusus di hari Jumat justru mendatangi masjid di kawasan Cipayung, Ciracas dan Cibubur (Jakarta Timur).

Setelah kurun waktu satu setengah tahun, program ‘GANASTRI‘ semakin dikenal masyarakat luas. Bahkan oleh rumah yatim piatu maupun pondok pesantren. “Saya sering mendapat permintaan, agar bisa kirim nasi bungkus ke mereka. Tapi, kadang dalam bentuk santunan,” terang Qubil AJ, lagi.

Jika program ‘GANASTRI‘ masih terus bisa jalan, tidak terlepas dari niatan yang kuat. Menjaga konsistensi untuk tak putus berbagi dengan sesama. “Apalagi sekarang masih masa pandemi COVID-19, banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang kesulitan,” beber artis yang juga laris jadi penceramah humor tersebut.

Dikatakan Qubil AJ bahwa program berbagi ‘GANASTRI‘ tidak cuma di wilayah Jakarta saja. Setahun belakang sudah merambah ke daerah Bogor dan Tangerang. “Banyak permintaan dari para pemilik pondok pesantren maupun yayasan yatim dan piatu. Namun kaum dhuafa yang ada di jalan-jalan, tetap jadi perhatian kita,” kata dia seraya tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada sejumlah pihak yang ikut memberikan donasinya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Ada 10 Alasan Jangan Tunda Waktu Sholat, RASULULLAH SAW BERSABDA Itu Jadi Musabab Seseorang Dapat Ampunan

Redaksi Posberitakota

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, EPISTEMOLOGI Makrifat (1)

Redaksi Posberitakota

IKUT FESTIVAL SEMARAK LASQI KARAWANG 2021, KONTINGEN QOSIDAH DPK IBU-IBU KECAMATAN PURWASARI RAIH GELAR JUARA II

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang