26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 06:43
PosBeritaKota.com
Nasional

Hasil Sidang Isbat di Kantor Kemenag RI, PEMERINTAH Tetapkan 1 Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Setelah melalui proses sidang Isbat yang dilakukan di Kantor Kemenag RI, akhirnya Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis (23/3/2023).

Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers, seusai mengikuti sidang Isbat di Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (22/3/2023).

“Jadi untuk menentukan kalender Komariah, Kementerian Agama mengacu pada hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS). Dimana ditetapkan awal bulan Hijriyah adalah saat ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat,” paparnya.

Yaqut menjelaskan bahwa dari 134 titik pantauan hilal di seluruh Indonesia, sebagaimana dilaporkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, 124 titik di antaranya telah melihat hilal dengan ketinggian 6,9 – 8,43 derajat dan sudut elongasi 7 – 9,4 derajat.

“Maka dengan demikian, berdasarkan hisab, hilal sudah di atas ufuk dan memenuhi kriteria MABIMS,” kata Yaqut lagi.

Dicapai kata sepakat untuk 1 Ramadhan 1444 Hijriah, yakni jatuh pada Kamis (23/3/2023). Untuk sidang Hisab Rukyat, dihadiri pakar Falak, pakar Astronomi, MUI dan pihak terkait lainnya. ■ RED/THONIE AG/EDITOR : GOES

Related posts

Akibat Longsor, JALUR REL KA Bogor-Sukabumi Terputus

Redaksi Posberitakota

Ajukan Judicial Review ke MK, PENGACARA ALIANSI ’98 KAWAL DEMOKRASI & HAM untuk Batas Usia serta Rekam Jejak Capres – Cawapres

Redaksi Posberitakota

Kejadian Baku Tembak di Rumah Dinas Kadiv Propam, KAPOLRI : Tak Mau Buru-buru & Akan Menunggu Hasil Tim Investigasi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang