28.6 C
Jakarta
9 October 2024 - 04:16
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Himbau Jajarannya Agar Terus Optimis, HERU BUDI Hadiri Peluncuran Buku Panduan Menuju Jakarta Kota Global

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saat menghadiri peluncuran buku ‘Jakarta’s Path to Top 20 Global City, Book 1: Jakarta’s Profile for Global Competitiveness‘, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghimbau dan sekaligus meminta agar jajarannya terus optimia menargetkan peringkat Jakarta sebagai Kota Global semakin naik dalam Global City Index.

”Hal ini kan merupakan seri pertama dari delapan buku yang diluncurkan Pemprov DKI Jakarta bersama firma konsultan manajemen global Kearney yang membahas topik seputar ekonomi, sumber daya manusia, infrastruktur dan masyarakat,” tutur Heru Budi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania, Pakar Ekonomi dan Staf Khusus Kemenko Perekonomian Raden Pardede, Presiden Direktur Kearney Indonesia Shirley Santoso serta Pakar Kearney dari Amerika Serikat Rudolph Lohmeyer. Selain itu, hadir pula perwakilan sejumlah Kementerian, Perangkat Daerah, dan sektor swasta.

Diutarakan Heru Budi lebih lanjut bahwa upaya Jakarta menuju Kota Global telah digaungkan sejak awal ia menjabat. Arah pembangunan Jakarta juga difokuskan agar mampu bersaing dengan kota-kota besar di dunia. Bahkan ia terus menargetkan agar peringkat Jakarta sebagai Kota Global semakin naik dalam Global City Index.

Oleh karenanya, Heru Budi kemudian perlu menyampaikan himbauan kepada jajarannya agar terus optimis dalam membangun Jakarta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan dilakukan dalam berbagai bidang, baik ekonomi, kesehatan, transportasi hingga penanggulangan banjir.

”Jadi, Jakarta tidak boleh berhenti dalam membangun infrastruktur dan ekonomi, semua harus terus bergerak. DKI tahun lalu menempati posisi 74. Visi saya adalah terus meningkat menjadi 50, 40, dan 20 dengan memfokuskan pada transportasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), Information Technology (IT), dan lainnya,” pintanya.

Tentu dengan peluncuran buku itu sendiri, Heru Budi juga berharap dapat dijadikan salah satu pedoman bagi seluruh jajarannya untuk transformasi Jakarta menuju Kota Global. “Hari ini kami melaunching buku berjudul Jakarta’s Path to Top 20 Global City. Ada delapan buku semuanya konsep kita ke depan. Dan di sini kisi-kisinya untuk kepala dinas bisa dilihat. Kami bersama para Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hari ini juga mendapatkan ilmu dari para ahli untuk menuju Jakarta Kota Global,” imbuhnya.

Heru Budi berharap agar Jakarta dapat belajar dari Kota Global lainnya. Ia meminta seluruh jajarannya agar terbuka pemikirannya dalam mengadopsi konsep dari kota di negara lain yang bisa diterapkan di Jakarta.

”Seperti Osaka yang mampu mengeksplorasi identitas budaya lokal, Guangzhou dengan memperkuat kapasitas riset akademis, serta Melbourne dengan menciptakan kota cerdas. DKI Jakarta tidak bisa dibandingkan dengan kota di luar Indonesia yang tidak sepadan luasnya, kepadatan penduduknya, hingga karakteristiknya,” sebutnya.

Kemudian Heru Budi menilai, Jakarta memiliki beragam potensi untuk menuju Kota Global. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan sinergi dengan berbagai perangkat daerah, hingga lurah dan camat, serta BUMD untuk bekerja keras dan membuka wawasan dalam membangun Jakarta menuju Kota Global.

”Jika DKI Jakarta berbenah menuju Top 20 Kota Global, maka turunannya banyak, ekonominya jalan, UMKM bergerak, masyarakat bisa hidup dengan baik, transportasi rapi dan seterusnya, tujuannya itu. Mudah-mudahan masyarakat dapat bekerja sama untuk membangun sebuah kota menuju Kota Global,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania mengatakan, buku ini merupakan peta penting yang akan menuntun langkah-langkah strategis menuju pencapaian Jakarta sebagai Kota Global yang diimpikan. Dengan peluncuran buku ini, diharapkan tercipta pemahaman yang lebih mendalam dan sinergi yang lebih erat dalam mencapai visi bersama menjadikan Jakarta sebagai Kota Global terdepan.

“Melalui acara peluncuran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang posisi strategis dan potensi besar Jakarta, serta melibatkan pemangku kepentingan dari sektor publik dan swasta dalam diskusi mendalam mengenai strategi untuk mencapai visi tersebut,” tuturnya.

Dalam momentum tersebut, turut pula digelar diskusi panel yang menampilkan panelis ternama, seperti Ketua Indonesia Financial Group (IFG) Imam Rachman, CEO IDX Sanath Kumar, SEA Healthcare Lead Kearney, dan Direktur Pengembangan Strategis Dayalima Group Yuri Yogaswara. Dalam diskusi ini, beberapa topik kunci dibahas, termasuk persaingan Jakarta di sektor industri dan ekonomi, peran pasar modal dalam visi Kota Global, kondisi industri kesehatan di Indonesia, dan strategi peningkatan kualitas tenaga kerja. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Tak Kompromi, PEMDA DKI Cabut Izin dan Penjarakan Pemilik Diskotek MG

Redaksi Posberitakota

Atasi Pencemaran Udara, PEMPROV DKI JAKARTA Bersama Kedubes Denmark Gelar Diskusi Panel

Redaksi Posberitakota

Ada 7000 Anggota di Jabodetabek, PAGUYUBAN DEMAK BINTORO NUSANTARA Siap Mudik Gratis Bareng

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang