26.5 C
Jakarta
10 October 2024 - 05:20
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Ujicoba Perdana MGB di SMA, PJ GUBERNUR HERU BUDI Berharap Bisa Penuhi Gizi Siswa Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Menyusul sukses melaksanakan ujicoba di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melanjutkan program Makan Bergizi Gratis (MGB) di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sedangkan untuk ujicoba perdana MBG itu, dilaksanakan di SMAN 70 Jakarta Selatan, Rabu (9/10). Selaku Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kegiatan tersebut bersama Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Selain itu juga didampingi Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endar Budiman dan Kepala Sekolah SMAN 70 Sunaryo.

“Melalui kesempatan ini, saya ingibln mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Terpilih Gibran karena menyempatkan waktunya memenuhi undangan kami untuk melihat uji coba MGB pada pagi hari ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Perumda Dharma Jaya yang telah mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan Makan Bergizi Gratis di SMAN 70. Begitu juga Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SMAN 70, terima kasih telah menyambut kedatangan kami,” tutur Heru Budi.

Tidak kurang dari 1.300 paket makanan senilai Rp 25.000 per porsi disiapkan Perumda Dharma Jaya bekerja sama dengan PT Jakarta Tourisindo. Paket makanan berisi nasi putih, chicken teriyaki, perkedel kentang, tahu cabe garam, telur dadar, salad sayur.dan buah pisang dengan kandungan gizi 781 Kkal. Makanan dikemas menggunakan paper box food grade dan pengelolaan sampah yang bersinergi dengan bank sampah terdekat, yaitu Komunitas Bank Sampah Seni Baru.

Karena itulah, Heru Budi berharap uji lcoba MBG dapat terus berlangsung dengan menyajikan menu makanan yang disukai para siswa SD, SMP, dan SMA. Ia juga memastikan nilai gizi dalam setiap paket makanan terjamin karena kalorinya telah dihitung dan sudah melalui tes kesehatan makanan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

“Artinya, sambil menunggu pedoman umum dari Pemerintah Pusat, maka Pemprov DKI Jakarta akan terus melanjutkan uji coba MBG untuk melihat menu yang disukai para siswa, serta disesuaikan dengan harga menu per paket. Sehingga tujuan pemberian MBG dapat terwujud, yaitu menyiapkan Generasi Emas Indonesia tahun 2045. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk program ini,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka memberikan apresiasi kepada Pemprov DKI dibawah kepemimpinan Pj Gubernur Heru Budi yang konsisten melaksanakan kegiatan MBG. Ia menilai, menu makanan MBG di SMAN 70 termasuk mewah dibandingkan menu-menu MBG di daerah-daerah lain.

“Terima kasih kepada Pj Gubernur Heru, hari ini berkenan mendampingi ujicoba MBG di SMAN 70. Ini saya lihat menu hari ini termasuk yang paling mewah. Kalau kemarin, kami lihat saat mengecek di beberapa tempat seperti di Hambalang, Sentul. Gari ini menu yang paling lengkap dan mewah. Tanggapan para siswa cukup baik,” ucap Gibran.

Namun sebelum program ini diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia, harus dilakukan uji coba sesering mungkin untuk mendapatkan masukan dari para guru, siswa, orang tua murid, komite sekolah, dan pihak lainnya. Sehingga, saat diimplementasikan, program MBG ini dapat berjalan dengan baik.

“Sekali lagi, saya dan Presiden Terpilih terus mengkaji dan mencari formulasi terbaik untuk program ini. Entah besaran anggarannya atau pakai central kitchen, memanfaatkan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), nanti segera kami putuskan. Untuk saat ini masih uji coba, untuk mendapat banyak masukan dan melihat menu-menu tersebut benar-benar bisa diterima oleh para siswa,” katanya. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Agar Tepat Sasaran, DPRD DKI Minta Disdik Siapkan Database Siswa Penerima Bantuan Uang Pangkal

Redaksi Posberitakota

Diduga Tampung Dana Rp 18 Miliar, WARGA P3SRS APARTEMEN PURI KEMAYORAN Desak Pengurus Lama Transparan & Bikin Laporan

Redaksi Posberitakota

Penampakan Buaya di Grogol Bikin Heboh, GUBERNUR ANIES Minta Warga Jangan Panik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang