Borobudur Dijaga 254 Personil Gabungan Selama Lebaran

MAGELANG (POSBERITAKOTA) – Untuk mengantisipasi pengunjung selama libur Lebaran 2017 sebanyak 254 personel terlibat dalam pengamanan Candi Borobudur. Mereka terdiri atas unsur Polri, TNI, ormas dan anggota pramuka.

Menurut General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum di Magelang, Jateng, Jumat (23/6), guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung pihaknya berusaha optimal. 

“Selain menggunakan pengamanan internal, kami juga melibatkan unsur lain yang mencapai 254 personel,” jelasnya.

Perseroan Terbatas Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC), menetapkan masa ramai libur Lebaran 2017 selama 11 hari, terhitung sejak 22 Juni hingga 2 Juli 2017. Pada masa ramai libur Lebaran tersebut, jumlah pengunjung Candi Borobudur ditargetkan mencapai 316.792 orang. 

Chrisnamurti menambahkan bahwa guna memantau kondisi kawasan Candi Borobudur zona II, PT TWC memasang 14 kamera pengintai (CCTV). Selain itu, dari pihak Polri juga memasang beberapa CCTV di zona II dan Balai Konservasi Borobudur juga memasang sejumlah CCTV di zona I. 

Dikatakannya lebih lanjut sebagai langkah antisipasi membludaknya pengunjung, Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk menyelenggarakan kantong-kantong parkir.

“Pengelolaan parkir di luar areal TWCB bekerja sama dengan masyarakat sekitar yang pendapatannya diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat,” katanya. 

Berdasarkan hasil kesepakatan warga pengelola parkir dengan muspika, tarif parkir di masyarakat untuk bus Rp 30.000, mobil Rp 15.000, dan sepeda motor Rp 5.000. ■ Red/Ays 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here