Dibuang MU, Rooney Bakal jadi Andalan Lini Depan Everton

LONDON (POSBERITAKOTA) – Striker Wayne Rooney akan menjadi andalan di lini depan Everton. Demikian pelatih Everton asal Belanda, Ronald Koeman, Senin (10/7) kemarin. 

Saat pemain 31 tahun itu secara resmi kembali ke klubnya dulu, setelah 13 tahun membela Manchester United. Dibuang MU tidak masalah bagi Rooney

Wazza, begitulah Rooney biasa dipanggil, berlatih dengan rekan-rekan setimnya yang baru di pusat latihan Finch Farm. Untuk kemudian, mengatakan pada Koeman bahwa kembali ke Everton adalah ‘keputusan mudah’. 

Koeman dengan cepat menjelaskan bahwa dirinya mengharapkan Rooney segera memberikan kemampuan terbaiknya di di lini depan. Ia pun amat yakin Rooney bisa membuktikannya. 

“Semua orang tahu kualitas-kualitas Wayne. Kami berusaha untuk lebih produktif. Ia dapat menjadi nomor punggung sepuluh di belakang penyerang, nomor sembilan, nomor tujuh,” kata Koeman.

“Kami perlu meningkatkan tingkat ketajaman penyerang kami. Musim lalu Romelu (Lukaku) mencetak 25 gol dan merupakan terbaik berikutnya adalah empat atau lima (gol). Itu tidak cukup bagus. Wayne adalah tipe pemain yang dapat menghadirkan produktifitas kepada tim.” 

Menurut Koeman, Wayne memang sangat ingin kembali. Bahkan, iatelah memperlihatkan kepada Everton pada pertemuan pertama bahwa ia menyukai tekanan. Beberapa pemain sangat memerlukannya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. 

Koeman mengonfirmasi bahwa Lukaku akan meneken kontrak untuk United dan menghadirkan Rooney dengan nomor punggung favoritnya, sepuluh, sebelum konferensi pers. Rooney senang dapat kembali ke klub masa kecilnya dan berniat untuk membantu mereka memenangi trofi utama pertamanya sejak memenangi Piala FA 1995 dengan mengalahkan Manchester United di Wembley, pertandingan yang ia hadiri sebagai seorang penggemar.

“Semua keluarga saya senang melihat saya kembali bermain dengan kaus biru,” kata Rooney.

Menurut Rooney, ia tidak pernah merenungi untuk kembali sampai minimnya kesempatan bermain di MU memaksanya mengambil keputusan ini. Tidak masuk tim di MU sangat membuatnya frustrasi.

“Saya bermain di sepanjang karir saya, itulah pertama kalinya saya berada di bangku pemain cadangan. Itu bukan saya. Saya perlu bermain. Namun, tentu saja, saya merupakan kapten di sana, maka saya harus positif,” jelas Koeman.

“Saya tidak pernah benar-benar memikirkan hal itu (kembali ke Everton), hanya pada satu tahap ketika saya harus mengambil langkah selanjutnya.” 

Rooney, yang akan berusia 32 tahun pada Oktober, telah meneken kontrak dua tahun dengan klub yang finis di peringkat ketujuh di Liga Premier Inggris musim lalu. Hanya kalah satu posisi dari MU.

“Saya senang, inilah tantangan yang datang di saat yang tepat di karir saya. Mudah-mudahan, kami akan memenangi trofi-trofi. Inilah rumah pensiunan,” tandasnya. ■ Red/Ays 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here