Gebyar Budaya RW 02 Rawabuaya Cengkareng Ajak Anak Muda Cintai Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Puncak perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan RI masih diperingati di seluruh penjuru Tanah Air. Itu membuktikan masyarakat begitu mencintai wilayah atau kedaerahan maupun dalam skala lebih luas yakni Indonesia.

Adalah wilayah internal khususnya rukun wilayah (RW) 02 Kelurahan Rawabuaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat yang menggelar hajatan Gebyar Budaya Agustusan 2017 bersama motto ‘Kita Cinta Linkungan, Kita Cinta Budaya, Maka Kita Cinta Indonesia’.

Menurut Ketua RW 02, Suntamah, dari perhelatan Gebyar Budaya Agustusan 2017 ini, dimaksudkan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan idealisme anak-anak muda khususnya yang tergabung dalam wadah karang taruna. Begitu banyak potensi yang bisa digali dari situ.

“Kami ingin menyatukan potensi anak-anak muda di sini. Meski mereka hadir dari latar belakang berbeda. Baik dari ras, suku, budaya, agama maupun strata sosial berbeda, namun tetap satu yakni Indonesia. Kami yakin bisa mendorong mereka untuk bersatu, ikut membangun lingkungan dan wilayah sendiri,” ucap Suntamah.

Hal senada juga dikatakan H Supli Ali SH, penasehat wadah Karang Taruna RW 02 Kelurahan Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Menurut dia karena di wilayahnya memiliki latar belakang kuat, maka terselip niat untuk kembali menghidupkan Marwah Budaya dan Kaum Betawi.

“Dalam sejarahnya di wilayah Rawabuaya selain unik, juga sangat dikenal memiliki tokoh sentral Betawi yakni jawara Engkong H Djairi. Beliau begitu disegani para jawara dari wilayah lain,” kisahnya kepada POSBERITAKOTA.

Untuk kedepannya, ditegaskan pensiunan PNS Pemprov DKI Jakarta, berharap wilayah RW 02 Kelurahan Rawabuaya juga mendapat perlakuan sama dari pemerintah daerah. Sebab selama ini, tambah H Supli Ali SH, dalam pengajuan untuk surat izin mendirikan bangunan (IMB).

“Kenapa kok ada semacam diskriminasi? Padahal kami juga telah banyak berperan serta di dalam memajukan sekaligus membangun kota Jakarta,” tegas dia.

Sementara itu dalam acara Gebyar Budaya RW 02 Rawabuaya yang diadakan Sabtu (26/8) kemarin, Alvin selaku Ketua Karang Taruna RW 02 menjelaskan digelar serangkaian acara menarik yang melibatkan 200-an anggotanya serta masyarakat setempat dan disupport instansi terkait, Pemkot Jakarta Barat. Antara lain meliputi Sudin Parbud, Dinas Kesehatan, PT Pegadaian dan lain-lain.

Ada pawai keliling wilayah, lomba gapura dan futsal yang memperebutkan hadiah hewan kambing serta uang Rp 1 juta. Nilai plus lain lainnya, RW 02 Rawabuaya bisa disebut yang pertama kali setingkat RW/Karang Taruna yang mengadakan Pemilihan Abang None Jakarta 2017. Sedang pemenangnya adalah Amri (Abang) dan Revia (None) Jakarta RW 02 Kelurahan Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat. □ Red/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here