32.5 C
Jakarta
19 April 2024 - 19:48
PosBeritaKota.com
Nasional

DPD RI : Kualitas Pengolahan Sampah di TPST Bantargebang Harus Ditingkatan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – DPD RI mendorong kepada pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

Menurut Ketua Komite II Parlindungan Purba dan Senator DKI Jakarta Dailami Firdaus, banyak elemen dan infrastruktur di TPST Bantargebang yang harus segera diperbaiki. Dengan adanya perbaikan tersebut, diharapkan TPST Bantargebang mampu menjadi TPST yang ramah terhadap lingkungan, masyarakat serta mampu menghasilkan energi yang bermanfaat.

Saat meninjau TPST Bantargebang hari Senin (28/8) kemarin, Ketua Komite II Parlindungan Purba bersama Komite II DPD RI akan mengambil langkah nyata untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sampah di TPST Bantargebang.

Menurutnya TPST Bantargebang merupakan tempat pengolahan sampah terbesar yang harus dikelola dengan baik karena didalamnya mempunyai potensi yang dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

Karena itu, pihaknya akan membawa masalah ini ke Komite II DPD RI dan akan membahasnya dengan pihak terkait, seperti pemerintah daerah, kementerian terkait, ataupun investor.

“Kita akan melakukan studi banding dan akan mencarikan siapa-siapa dari luar negeri yang memberikan perhatian. selama ini Bantargebang belum terpromosi, terbuka peluang kerja sama dengan orang luar. Ini makin nampak bahwa disini sudah ada program KPBU, Kerjasama Pemerintah Badan Usaha. Kita dalam waktu dekat paling lama tiga bulan sudah ada actionnya,” ucap Senator dari Sumatera Utara.

Sementara itu, Senator DKI Jakarta Dailami Firdaus yang turut meninjau TPST Bantargebang, menilai masih jauh dari konsep ideal tempat pengelolaan sampah terpadu. Terdapat beberapa infrastruktur vital di TPST Bantargebang yang harus diperbaiki.

“Banyak hal yang bisa diperbaiki kedepannya untuk meningkatkan potensi dan mengatasi problem yang selama ini belum teratasi. Kapasitas power plant harusnya 16 MW tapi sekarang hanya sekitar 500 KWH. Limbah air juga perlu dicarikan jalan keluar, karena masyarakat sekitar juga terdampak atas lokasi sampah disini,” kata Dailami.

Ditambahkan Dailami Firdaus bahwa TPST Bantargebang masih jauh dari konsep ideal tempat pengelolaan sampah terpadu. Apalagi masih belum diperhatikan dari sisi keamanan. Pihaknya bakal mendesak pihak terkait dan mengupayakan adanya peningkatan kualitas pengolahan sampah di TPST Bantargebang tersebut.

“Banyak hal yang harus menjadi perhatian dari Pemda, misalnya ruang ramah anak, masjid dan pos pemadam kebakaran. Kalau terjadi apa-apa, dalam situasi panas, sampah bertumpuk, bisa jadi kebakaran. Karena itu, perlu dicari jalan keluarnya. Bisa berdampak pada masyarakat, ini tak ada pemadam kebaran, harus segera dipenuhi dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Unit Pengelolaan Sampah Terpadu Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan terdapat beberapa hal yang menjadi masalah di TPST Bantargebang.

Beberapa hal seperti kurangnya alat berat di titik buang dan kegiatan perapihan zona, terbukanya landfill, teknologi instalasi pengolahan air sampah yang sudah rusak ataupun pergerakan gunungan sampah yang menyebabkan terdorongnya drainase dan jalan operasional adalah masalah yang sampai saat ini belum terselesaikan.

“Kami berharap kedepannya ada perbaikan disini. Kapasitas Power House adalah 16 MW, dulu produksi tertinggi mencapai 11 MW dan sekarang hanya sekitar 500 KWH karena adanya keruaalan di beberapa bagian. Dibutuhkan perbaikan beberapa pipa-pipa di Power House. Dan kami juga berharap adanya pembuatan Feasibility Study untuk mereduksi 18.000.000 meter kubik sampah lama,” ucapnya ■ Red/Dwi/Goes

Related posts

Meninggal Saat Tugas di TPS, BUPATI TEGAL Lontarkan Ide Saatnya Pemilu Melibatkan Petugas Kesehatan

Redaksi Posberitakota

Dari Akademi Tunas Bangsa, FAHD EL FOUZ A RAFIQ Dianugerahi Tokoh Inspiratif Nasional Tahun 2022

Redaksi Posberitakota

Antisipasi, POLRES TEGAL Gelar Simulasi Gangguan Massa Jelang Pilkada

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang