Gunung Agung Terancam Meletus Belasan Ribu Warga Pilih Mengungsi

DENPASAR (POSBERITAKOTA) – Tingkat kewaspadaan warga di sekitar lokasi Gunung Agung makin meningkat. Bahkan menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, tercatat tidak kurang dari 16 .000 orang, memilih mengungsi.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Apalagi, menurutnya, status Gunung Agung kini telah dinyatakan status level 4 atau awas sejak Jumat (22/9) kemarin.

Dijelaskan bahwa saat ini ada 125 titik pengungsian yang ada di delapan kabupaten, agar warga bisa diselamatkan jika sewaktu-waktu Gunung Agung meletus. “Jumlah pengungsi pun akan terus bertambah,” kata Sutopo.

Sedangkan ke-8 kabupaten yang dijadikan tempat penampungan pengungsi meliputi Buleleng, Bangli, Badung, Karangasem, Gianyar, Denpasar, Tabanan dan Klungkung.

Beruntung gelombang pengungsi diapresiasi oleh masyarakat. Pada bagian lain, tidak kurang dari 400 ribu masker, disediakan untuk dibagikan kepada warga.

“Bukan hanya itu saja, khusus untuk obat-obatan pun, sudah tersedia. Tim kesehatan akan berjaga-jaga selama 24 jam,” sebut Sutopo lagi. ■ Red/Tim PBK/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here