26.2 C
Jakarta
18 April 2024 - 07:15
PosBeritaKota.com
Nasional

Untuk Berdayakan Masyarakat, KAPOLSEK KRAGILAN Ingatkan Soal Penggunaan Dana Desa

SERANG (POSBERITA KOTA) – Jangan melibatkan pihak ketiga, tapi sebaliknya harus memberdayakan masyarakat desa. Sebab, dana desa yang digelontorkan dari Pemerintah Pusat, harus benar-benar digunakan untuk pembangunan serta meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Peringatan tersebut disampaikan Kapolsek Kragilan, Kompol Tosriadi Jamal dalam acara sosialisasi pelaksanaan nota kesepemahaman Kemendesa PPDT Kememdagri dan Polri, bertempat di Aula Mapolsek Kragilan, Serang, Kamis (26/10).

“Jadi, proyek dana desa tidak diperbolehkan dikerjakan oleh pihak ketiga, melainkan harus melibatkan masyarakat desa,” tegas Kompol Tosriadi Jamal.

Menurut Kapolsek tujuan dari nota kesepahaman ini adalah untuk terwujudnya pengelolaan dana desa yang efektif, efesien dan akuntabel melalui kerja sama yang sinergis di antara para pihak di bidang pencegahan, pengawasan, dan pengawasan permasalahan dana desa.

“Untuk ruang lingkup nota kesepahaman ini yaitu pembinaan dan penguatan kapasitas aparatur pemerintah daerah, desa dan masyarakat dalam pengelolaan dana desa,” paparnya lagi.

Tosriadi menambahkan bahwa penyaluran dana desa harus digunakan sesuai peruntukannya. Mantan Kanit Reskrim Polsek Tambora ini mengatakan dalam pelaksanaannya juga harus transparan.

“Harus sesuai peruntukannya dan transaparan,” pinta Tosriadi. Ditambahkannya bahwa dalam nota kesepahaman ini Bhabinkamtibmas atau unit-unit kerja polisi bisa ikut mengawasi dan mengajak masyarakat untuk terlibat dalam proses penggunaan dana desa dan pengawasannya. Kapolsek sebagai pengawas memberikan asistensi kepada kepala desa.

“Untuk pelaksanaan dana desa, Kapolsek melakukan pengawasan bersama Bhabinkamtibmas. Kalau timbul masalah dengan dana desa dimediasikan dan kalau tidak bisa disidik,” pungkasnya. ■ Red/ARIA/Goes

Related posts

Masalah Pangan, DPD RI Minta Pemerintah Integrasikan Kebijakan

Redaksi Posberitakota

DPRD Gelar Sidang Paripurna, JAWA TIMUR Bakal Punya Bank Syariah di Tahun 2019

Redaksi Posberitakota

Ketua Bhayangkari Banten, JULIATI SIGIT PRABOWO Kunjungi TK Kemala

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang