TMMD Cikuya TA 2017 Brebes sebagai Bentuk Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila

BREBES – DITENGAH era globalisasi yang penuh dinamika kehidupan baru dan semakin melemahnya pengamalan Pancasila, kita semua merasa gembira dan haru dengan digalakannya kembali program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Melalui program tersebut, jelas-jelas mengajak anak bangsa merevitalisasi (membangun kembali-red) dan mengaktualisasikan (mengangkat) nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara di setiap langkah pembangunan.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai satu bentuk bhakti para prajurit terhadap bangsa dan negara. Utamanya kepada rakyat, di mana sebagai rahim lahirnya TNI yang berslogan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Salahsatu bentuk kepedulian terhadap rakyat, yakni dengan melakukan pembangunan di Desa Cikuya, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Termaktub ada lima esensi penting dalam Bhinneka Tunggal Ika sebagai pedoman bagi kita bangsa Indonesia.

Kelima hal tersebut yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam beribadah, bangsa Indonesia mempunyai keyakinan dan tempat sendiri-sendiri, namun bila sudah beribadah dan keluar dari tempat ibadah masing-masing, kita dituntut dan berkewajiban sama untuk membangun sekaligus mempertahankan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab menegaskan bahwa sebagai bangsa Indonesia, kita semua mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban sama di dalam mentaati hukum dan norma serta berlaku adil sesuai harkat martabat sebagai mahluk ciptaan Tuhan. Tentu saja tanpa harus membedakan suku, ras, agama, pangkat, kedudukan dan jabatan yang disandangnya.

Persatuan Indonesia, juga memaparkan sebagai bangsa Indonesia harus mampu menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan maupun keselamatan bangsa secara bersama-sama diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan, tentu ini memberi arti bahwa setiap warga negara Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.

Sedangkan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, rasanya sebagai bangsa kita harus mengembangkan perbuatan luhur lewat cerminan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan serta mengembangkan sikap adil terhadap sesama manusia.

Berdasarkan dari kelima esensi penting di atas, Kodim 0713/Brebes memandang perlu turut berpartisipasi memberikan karyanya membangun Desa Cikuya, Kecamatan Banjarrharjo, Kabupaten Brebes, menuju peningkatan sumber daya manusia (SDM) hingga peningkatan perekonomian melalui pembangunan infrastruktur.

Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono selaku Dandim 0713/Brebes menyampaikan, pembangunan Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo dilakukan bukan hanya pembangunan infrastruktur saja, namun juga pembangunan non fisik bagi masyarakat sekitar yang pada intinya TMMD Reguler ke-100 TA 2017 menitik beratkan pada proyeksi pembangunan fisik dan non fisik.

Pada bagian lain, Dandim 0713/Brebes memaparkan bahwa para prajurit TNI, khususnya Kodim 0713/Brebes agar tetap memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila serta berprilaku Kebhinekaan Tunggal Ika, di mana bersama rakyat bahu-membahu memperkuat jiwa kebangsaan hanya demi memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga! ■ Red/PBK/CAHYO NUGROHO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here