Akh Masa Sih, MENRISTEK-DIKTI Bilang Ada 616 Ribu Sarjana Menganggur

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Ini patut jadi pemikiran besar bagi bangsa dan negara. Sebab, di Indonesia sekarang ini, terdapat 616 ribu bertitel sarjana alias lulusan perguruan tinggi (PT) malah masih jadi pengangguran. Akh masa sih!

Dari data yang ada atau prosentase tingkat pencari kerja, tingkat pendidikan sarjana mencapai 8,8 persen dari total keseluruhan, yakni ada tujuh juta berstatus pengangguran di Tanah Air.

Menurut Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek-Dikti), Mohamad Nasir, PT sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul, seharusnya memiliki upaya maksimal untuk peningkatan daya saing bangsa.

“Perguruan Tinggi segogyanya harus mampu menghasilkan SDM yang mampu bersaing secara global. Apalagi, kita tahu bahwa setiap tahunnya, terjadi peningkatan jumlah sarjana. Namun sebaliknya, sangat sedikit yang bisa diterima dipasar kerja,” tutur Mohamad Nasir.

Solusi untuk itu, tambah Menristek-Dikti, harus diperluas lapangan kerja dan meningkatan produktifitas. Karenanya, itu menjadi agenda penting Pemerintah ke depan, terutama di dalam membuat kebijakan yang tepat,” tuturnya. ■ RED/DWI/AYS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here