28.2 C
Jakarta
27 April 2024 - 10:34
PosBeritaKota.com
Nasional

Akh Masa Sih, MENRISTEK-DIKTI Bilang Ada 616 Ribu Sarjana Menganggur

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Ini patut jadi pemikiran besar bagi bangsa dan negara. Sebab, di Indonesia sekarang ini, terdapat 616 ribu bertitel sarjana alias lulusan perguruan tinggi (PT) malah masih jadi pengangguran. Akh masa sih!

Dari data yang ada atau prosentase tingkat pencari kerja, tingkat pendidikan sarjana mencapai 8,8 persen dari total keseluruhan, yakni ada tujuh juta berstatus pengangguran di Tanah Air.

Menurut Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek-Dikti), Mohamad Nasir, PT sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul, seharusnya memiliki upaya maksimal untuk peningkatan daya saing bangsa.

“Perguruan Tinggi segogyanya harus mampu menghasilkan SDM yang mampu bersaing secara global. Apalagi, kita tahu bahwa setiap tahunnya, terjadi peningkatan jumlah sarjana. Namun sebaliknya, sangat sedikit yang bisa diterima dipasar kerja,” tutur Mohamad Nasir.

Solusi untuk itu, tambah Menristek-Dikti, harus diperluas lapangan kerja dan meningkatan produktifitas. Karenanya, itu menjadi agenda penting Pemerintah ke depan, terutama di dalam membuat kebijakan yang tepat,” tuturnya. ■ RED/DWI/AYS

Related posts

Dilantik Jadi Ketum Perpanjangan Masa Bakti 2020-2022, FERRY JUAN SH Sebut Baladhika Karya SOKSI Merupakan Ormas Perjuangan

Redaksi Posberitakota

Ketua MPR RI, BAMBANG SOESATYO : Konten Hoax & Disinformasi Soal COVID-19 Sungguh Memprihatinkan

Redaksi Posberitakota

Ini di Babelan Bekasi, KONG SUAN Panen Timun Suri dan Blewah Memasuki Puasa

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang