29.1 C
Jakarta
20 April 2024 - 21:19
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Jadi Insiator, BANG DAILAMI Angkat ‘Condet Punya Potensi’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Budaya dan lingkungan merupakan dua hal yang saling menguatkan. Terlebih lagi memiliki kekuatan yang sangat lengkap. Baik dari sisi lingkungan itu sendiri, pelaku budaya, kuliner maupun masyarakat yang agamis.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) asal DKI Jakarta, Prof Dr Dailami Firdaus atau yang akrab dipanggil Bang Dailami, terinspirasi jadi inisiator untuk mengangkat daerah lewat kegiatan ‘Condet Punya Potensi‘.

Gelaran ‘Condet Punya Potensi’, menurut Senator yang sangat concern dengan segala permasalahan di Jakarta, disebutnya sebagai sebuah dedikasi semua masyarakat yang cinta akan budaya dan lingkungan.

“Kami pilih Condet, karena kami ingin menunaikan hasrat rindu masyarakat. Terutama akan hadirnya kembali sebuah kawasan Condet yang asri dan asli,” tuturnya, Sabtu (31/3) kemarin.​Menurut Bang Dailami lebih lanjut, potensi Condet lebih terlihat lagi dengan nyata melalui susur Ciliwung. Di mana melalui kegiatan ‘Condet Punya Potensi’  ini, dapat dilihat batu-batuan yang berusia jutaan tahun, lokasi penemuan artefak, binatang asli Ciliwung dan banyak hal lagi.

Dalam pandangannya, wisata Jakarta itu semestinya tidak melulu bermain di atas seperti mal-mal yang besar, pusat perbelanjaan mewah, gedung-gedung pencakar langit maupun hiburan malam yang gemerlapan.

“Konsep kami jelas beda. Kami ingin mengangkat kembali yang telah tercipta dari bawah, yakni sebuah dasar peradaban budaya yang berasal dari kearifan lokal warga masyarakatnya itu sendiri,” telaah Bang Dailami.

Peran Pemerintah, sebut dia, bukan hanya sekedar menetapkan Condet sebagai sebuah kawasan cagar budaya. Tapi seyogyanya juga ikut  berperan serta aktif melestarikan kawasan Condet bersama-sama dengan warga masyarakatnya.​”Karena penetapannya sebagai kawasan cagar budaya inilah, Pemerintah harus mampu mengedukasi warga Condet untuk menjaga dan melestarikan wilayahnya,” tegas Bang Dailami.

Ditambahkan dia merupakan kewajiban Pemerintah untuk membuat warga Condet bangga akan nilai-nilai budaya di lingkungannya. “Sehingga nantinya budaya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang ingin melihatnya atau bahkan mempelajarinya,” katanya.

Bang Dailami yang dikenal sebagai putra dari Prof Hj Tutty Alawiyah AS MA dan cucu dari ulama kharismatik Betawi KH Abdullah Syafi’ie, menegaskan bahwa dirinya sebagai putra daerah dan bersama teman-teman yang tergabung dalam Condet Kita Foundation dan seluruh masyarakat Condet, pasti akan mengawal dan berjuang agar Condet benar-benar menjadi destinasi wisata dan budaya di Jakarta.

Sebagai inisiator ‘Condet Punya Potensi’, Bang Dailami memberikan apresiasi kepada Wakil Gunernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno atas kehadirannya dalam memberi semangat kepada warga Condet untuk bersama membangun Jakarta yang lebih baik dan bermartabat bagi warganya. Apresiasi juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Tinia Budiati dan Wakil Walikota Jakarta Timur M Anwar yang ikut hadir.Sedangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, berpesan bahwa Pemerintah harus mendukung segala aktifitas masyarakat yang positif dan mampu membangun perekonomian serta menumbuhkan geliat usaha baru, industri kreatif untuk terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Sementara itu Iwan Henry Wardhana selaku Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Jakarta Timur, menambahkan bahwa terkait pemilihan Condet sebagai salah satu kawasan unggulan untuk pagelaran seni dan budaya di Jakarta Timur, karena sangat menarik.

“Begitu banyak nilai-nilai sejarah Jakarta yang tersimpan di kawasan ini. Kini, kami temukan potensi wisata yang selama ini kami cari. Diinisiasi oleh anak-anak muda Betawi berbakat seni dan bermental baja yang ingin mengubah kawasannya menjadi indah, bersih nyaman, berseni serta berbudaya,” kata Iwan Hendry Wardhana. RED/GOES

Related posts

Malam Tasyakuran Dihadiri Ketua RW 025, WARGA RT 005 VGH Gelar Lomba Pesta HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Redaksi Posberitakota

4 Tahun Berpuasa, PEMPROV DKI Raih Opini Tertinggi WTP dari BPK RI

Redaksi Posberitakota

Kok Bisa Sih, RUTAN MAKO BRIMOB Rusuh Gara-gara Razia HP

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang