Patroli ke Kantor DPD Gerindra di Semarang, LEMKAPI Sebut sebagai Kegiatan Rutin Kepolisian

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai kegiatan patroli adalah kegiatan rutin kepolisian sesuai tugasnya yakni untuk melayani, melindungi dan sekaligus mengayomi masyarakat. 

“Kami berpandangan bahwa kegiatan patroli di kantor DPD Gerindra di Semarang merupakan tugas rutin biasa dalam kepolisian. Karenanya, kegiatan kepolisian tersebut jangan dipolitisasi. Dalam penelitian kami bahwa hal itu murni tugas kepolisian,” ungkap DR Edi HasibuanMH, Direktur Eksekutif Lemkapi kepada POSBERITAKOTA di Jakarta, Senin (7/5).​Menurut pakar hukum, kepolisian dan mantan wartawan kriminal satu ini, jelas menjadi tugas polisi setiap saat melakukan pengecekan dan pemantauan ke berbagai tempat untuk memastikan ada atau tidaknya gangguan keamanan menjelang Pilkada di wilayahnya. Sebab, lanjut dia, polisi justru akan disalahkan masyarakat apabila diam dan tidak melakukan pemantauan Kamtibmas dalam wilayahnya. 

Dalam bertugas, polisi juga harus memperlakukan semua masyarakat dan golongan dengan pelayanan dan perlindungan  yang sama. Termasuk pelayanan terhadap semua Parpol (partai politik ) manapun. Jangan sampai polisi dituduh diskriminasi dalam pelayanan.

“Kami melihat tindakan kepolisian Polda Jateng dalam kerangka tugas kepolisian. Sesuai pasal 13, UU No 2 Tahun 2002 Tentang Polri di mana tugas polisi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan perlindungan, pengayoman. Pelayanan dan penegakan hukum. ” pungkas mantan anggota Kompolnas tersebut. ■ RED/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here