Jelang Piala Dunia, MESSI Merasa Tak Nyaman Pimpin Tim Tanggo

BUENOS AIRES (POSBERITAKOTA) □ Striker Barcelona asal Argentina, Lionel Messi, merasa tidak nyaman saat harus memimpin rekan-rekannya tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Banyak banyak hal yang membuatnya seperti itu.

Di Rusia, menjadi kesempatan terakhir Messi bersama Tim Tango. Ia pun berharap kali ini Albiceleste bisa menjadi kampiun setelah dua kali ia gagal membawa negaranya angkat trofi.

Selama ini, Messi menjadi andalan Barca merebut gelar bergengsi. Selama berseragam Blaugrana, Messi sudah membantu Barca meraih 32 gelar sejak mengawali debutnya. Sayang, prestasi ini tidak berbanding lurus dengan kinerja Messi di Timnas Argentina.

“Memenangkan Piala Dunia adalah tantangan pribadi yang sangat besar bagi saya dan pemain Argentina lainnya. Mereka punya impian yang sama dengan kami. Merupakan tanggung jawab yang bagus untuk mewakili negara tampil di Piala Dunia,” kata Messi.

“Jika saja bisa, saya akan menukar gelar yang pernah saya berikan pada Barcelona. Saya ingin memenangkan banyak gelar dengan klub, namun buat negara saya ingin memberikan satu saja, yakni Piala Dunia. Ini akan menjadi istimewa buat saya dan Argentina. Itu akan menjadi sesuatu yang unik,” lanjutnya.

Messi memang memburu label juara dunia untuk Argentina. Pada dua Piala Dunia terakhir, Argentina gagal total. Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, langkah Messi Cs terhenti di perempatfinal setelah dikalahkan Jerman 0-4.

Baca Juga:  Beri Bonus dan Pekerjaan, TUKUL ARWANA Sebut Masa Depan Atlet Terjamin

Empat tahun kemudian di Brasil, lagi-lagi Jerman menjadi mimpi buruk setelah mempermalukan di partai puncak. Jerman keluar sebagai juara dunia lewat gol tunggal yang dibuat Mario Gotze di perpanjangan waktu.

Usai disikat Jerman, penampilan Argentina juga belum stabil. Di Copa America, juga tak berdaya setelah ditundukkan Cile lewat drama adu penalti. Lolos ke Piala Dunia 2018 ini pun Messi dkk harus bersusah payah mendapatkan tiket.

Memainkan 18 pertandingan, Argentina hanya mampu tujuh menang, tujuh imbang dan empat tumbang. Messi harus mencetak hattrick ke gawang Ekuador untuk memastikan satu slot tampil di Rusia.

Hasil ini, tentu saja, mengecewakan untuk tim sekelas Argentina. Bahkan, harus memastikan dua laga terakhir tanpa kekalahan untuk mampu lolos ke Piala Dunia. Total poin 28 yang dikumpulkan Argentina hingga memastikan satu tiket menuju Rusia pun hanya terpaut sedikit dari peringkat di bawahnya.

Di Rusia, Argentina berada di Grup D dengan Islandia, Kroasia dan Nigeria. □ RED/AYS

Beri Tanggapan