29.4 C
Jakarta
16 April 2024 - 11:14
PosBeritaKota.com
Megapolitan

5 Walikota & 1 Bupati, KETUA DPRD Prasetio Bilang Segera Ganti Wajah Baru

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Seluruh pejabat 5 Walikota dan 1 Bupati di DKI Jakarta akan berganti wajah baru. Gubernur DKI Anies Baswedan telah meminta Pimpinan DPRD untuk melakukan fit and propertest atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap enam calon pengganti kepala wilayah tersebut.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, membenarkan pihaknya baru saja fit and propertest kepada 5 orang calon Walikota dan 1 orang Bupati. “Atas permintaan Gubernur, kami sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap para calon yang diajukan kepada kami,” ujar Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (4/7) malam. Kegiatan itu dilakukan sejumlah pimpinan dewan, termasuk Wakil Ketua DPRD M Taufik.

Prasetio menambahkan pertanyaan yang diajukan kepada para calon hanya simpel saja. “Contohnya, para Walikota dan Bupati saat ini rata-rata sudah bekerja dengan baik. Lalu, apa yang akan dilakukan mereka sebagai penerusnya. Kira-kira pertanyaan mendasar cuma sekitar itu saja,” tambah dia.

Prasetio menegaskan kalau pihaknya juga mengecek golongan kepangkatan dan perjalanan karir mereka yang tampaknya memenuhi syarat semua. Golongan mereka minimal 4B dan pernah menjadi Sekretaris Kota (Sekko) maupun Wakil Walikota.

Menurutnya dari keenam calon ini sudah memenuhi syarat dan bisa dinyatakan telah lolos fit and propertest. “Hasil uji ini akan langsung kami sampaikan ke Gubernur dan kemungkinan pelantikan jabatan 5 walikota dan 1 Bupati akan dilakukan secepatnya. Bisa esok hari atau beberapa hari ke depan,” jelas Prasetio sambil menambahkan bahwa Walikota Jakpus Mangara Pardede dan Walikota Jaktim Bambang Musyawardana, masing-masing akan segera memasuki pensiun.

“Ada 2 Walikota yang siap memasuki masa paripurna tugas, sehingga jabatan itu harus segera diisi dan sekaligus dibarengi dengan pergantian pejabat lainnya,” jelas Prasetio sambil menambahkan pergantian walikota ini kemungkinan besar berbarengan dengan perombakan jabatan besar-besaran di tingkat eselon dua dan tiga.

Dari keenam orang yang mengikuti fit and propertes adalah Wakil Walikota Jakpus Bayu Meghantara sebagai calon Walikota Jakpus, Asisten Deputi Gubernur Bidang Kependudukan Marulah Matali sebagai calon Walikota Jaksel, Wakil Walikota Jaktim Anwar sebagai calon Walikota Jaktim, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Rustam Effendi sebagai calon Walikota Jakbar, Kepala BKD Syamsudin Lologao sebagai calon Walikota Jakut dan Walikota Jakut Husein Murod sebagai calon Bupati Kepulauan Seribu. ■ RED/JOKO

Related posts

Ikut Mendampingi Presiden Jokowi, PJ GUBERNUR DKI Serentak Tanam Pohon Guna Atasi Perubahan Iklim

Redaksi Posberitakota

Berkantor di Pulau Seribu, WAGUB SANDI Janji Layani Pasokan Listrik 24 Jam Nonstop

Redaksi Posberitakota

Ada 113 Naik Pangkat, POLRES METRO BEKASI KOTA Purna Bhaktikan 24 Anggota

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang