Di Bogor, LAZISNU DKI JAKARTA Sukses Gelar Pelatihan Manajemen & Pengelolaan ZIS

BOGOR (POSBERITAKOTA) ■ Lembaga Zakat, Infak dan Shodakoh Nadhatul Ulama (LAZISNU) Provinsi DKI Jakarta, sukses menggelar program kegiatan ‘Pelatihan Manajemen & Pengelolaan ZIS’, bertempat di Pondok Pesantren Modern Lembah Arafah Jalan Waru Doyong No 45 Desa Kuta, Kecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu-Minggu (14-15 Juli 2018) kemarin.

Kegiatan dari LAZISNU tersebut, diikuti tidak kurang dari 50 peserta. Mereka adalah utusan dari PCNU (Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama) 5 Kota Administrasi dan 1 Kabupaten Kepulauan Seribu serta perwakilan dari Lembaga dan Banom NU DKI Jakarta.

Menurut Ketua LAZISNU Provinsi DKI Jakarta sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara, H Supli Ali SH, diadakannya kegiatan pelatihan mengacu dan berpedoman pada program PWNU Provinsi DKI Jakarta tahun 2018 tentang pengembanggan serta peningkatan mental spiritual warga Nahdliyin di DKI Jakarta.

“Sedang tujuannya untuk memberikan pemahaman secara kornperhensif tentang fikih mustahik, pemberdayaan dan pengelolaan zakat. Selain itu juga menciptakan pionir-pionir yang dapat bersinergi dengan LAZISNU DKI Jakarta, terutama di dalam mengelola dan mengoptimalkan potensi zakat,” paparnya kepada POSBERITAKOTA, Senin (16/7).

Hal lain yang menjadi target dari kegiatan pelatihan tersebut, ditambahkan H Supli Ali SH, yakni memberikan bekal manajemen strategis organisasi Nirlaba, memaksimalkan perolehan zakat dari seluruh warga Nahdliyin di DKI Jakarta, membuat program distribusi dalam rangka menyalurkan zakat maupun teknik membangun sistem manajemen pelayanan Mustahik.

“Untuk hasil yang diharapkan, tentu saja agar dapat memaksimalkan upaya penghimpunan dana zakat dan membuat program distribusi zakat yang sesuai dengan tujuan syariat yakni mengentaskan kemiskinan para Mustahik,” paparnya lagi.

Sementara itu untuk kegiatan ‘Pelatihan Manajemen & Pengelolaan ZIS’, dikatakan H Supli Ali SH antara lain menampilkan narasumber Drs H Abdulah Mas’ud – PP LAZIS NU dengan makalah bertemakan ‘Strategi Pengelolaan dan Fundraising LAZISNU‘, H Sutrisno Lukito Disastro – Komisaris Utama Lembaga Ekonomi Umat yang mengangkat makalah berjudul
‘Pengembangan Ekonomi Umat’.

Selain itu pembekalan pelatihan lain juga disampaikan KH Anwar Sanusi – Pimpinan Pondok Pesantren Modern Lembah Arafah dengan tema ‘Pemanfaatan ZIS untuk Kepentingan Dakwah’, KH Muhammad Zen Lc MA – (Trainer dan Konsultan Zakat)
mengangkat tema ‘Fiqih Zakat Klasik dan Kontemporer’, Dr KH Samsul Ma’arif – Wakil Ketua PWNU Provinsi DKI Jakarta
tema ‘Pemahaman tentang zakat dan sosialisasinya’ serta H Zahrul Wildan – Kepala BAZIS DKI Jakarta sebagai penutup yang menyampaikan makalah bertajuk ‘Manajemen dan Pengelolaan ZIS di Provinsi DKI Jakarta’.

Dalam kesempatan itu, sebelumnya DR H Saefullah M Pd selaku Ketua Tanfidziah PWNU Provinsi DKI Jakarta, memberikan sambutan dan pengarahannya kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti ‘Pelatihan Manajemen & Pengelolaan ZIS’.

Tidak ketinggalan pula Kepala Biro Dikmental Setda Propinsi DKI Jakarta yang diwakili Kabag Mental Spiritual, Drs H Aceng Zaini, ikut memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut yang berlangsung sukses dan tertib dalam suasana kekeluargaan. Sedangkan penutupan acara pelatihan dilakukan oleh Wakil Ketua PWNU DKI Jakarta, Dr KH Syamsul Ma’arif MA. □ RED/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here