Acara Agustusan, RT 06/RW 25 VGH Bekasi Gelar Lomba Tangkap Belut & Tumpengan

BEKASI (POSBERITAKOTA) ■ Kecerian warga masyarakat dalam merayakan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, hampir menyebar ke seluruh antero negeri. Bahkan sudah menjadi tradisi turun-temurun, mereka pun menggelar aneka lomba dan acara spesial lain. Hal tersebut tentu saja sebagai wujud kecintaan serta rasa syukur di dalam memaknai arti dari kemerdekaan itu sendiri.

Tanpa kecuali, gambaran keceriaan semacam itu juga muncul saat warga RT 06 di lingkungan RW 25 Perumahaan Villa Gading Harapan (VGH) Gerbang Timur, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Bekasi Utara, menggelar acara Agustusan pada Minggu (19/8) kemarin. Bersuka ria dalam canda, tawa dan serius mengikuti aneka lomba. Tanpa sadar direkatkan dalam jalinan tali silaturahmi di antara mereka.

Tidak kurang dari seratusan warga mulai dari kalangan anak-anak sampai orangtua (bapak dan ibu-red), mengikuti aneka lomba yang digelar. Mulai dari lomba makan kerupuk, tangkap belut, pancing ikan lele, bulutangkis sampai bikin tumpeng dan makan bersama sebagai wujud kebersamaan.

Menurut Ketua RT 06, Lukman Hakim, sebanyak 39 KK (Kepala Keluarga) memiliki komitmen besar kebersamaan yang dibuktikan dengan menjadi peserta aneka lomba yang digelar panitia dengan rangsangan hadiah plus doorprize serta ada momentum makan nasi tumpeng bersama-sama.

Baca Juga:  Akibat Hujan Deras, KEPALA PELAKSANA BPBD Kota Bekasi Tinjau Banjir di Teluk Pucung

Ketua RT 06/25 Lukman Hakim (Goes)

“Wujud kebersamaan dalam merayakan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, nilainya jauh lebih besar dari materi yang kita miliki. Kenapa? Karena dengan begitu, berarti kita benar-benar masih memiliki nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara tercinta, Indonesia,” tegas Lukman Hakim kepada POSBERITAKOTA, Minggu (19/8).

Hal senada disampaikan ‘motor’ penggiat aktifitas warga yang juga menjabat sebagai Bendahara RT 06, Ratmoko Jati. Menurutnya, wujud dari rasa nasionalisme dan patriotime di era kekinian, tentu bukan harus melawan penjajahan lagi. Tapi lebih kepada membangun dan mencintai lingkungan.

Bendahara RT 06/25 Ratmoko Jati, genggam ikan lele hasil pancingannya. (Goes)

“Kegiatan atau ajang lomba yang diadakan, bisa disebut sebagai sarana atau simpul untuk kumpul, di mana warga RT 06 khususnya bisa saling bersilaturahmi dalam semangat kemerdekaan,” tegasnya.

Hal paling spesial dan patut dicontoh dari gelaran acara Agustusan di RT 06 wilayah RW 25 VGH Gerbang Timur, yakni seratusan warga duduk bersama-sama menikmati nasi tumpeng yang bisa diartikan secara luas sebagai bentuk rasa syukur akan perjalanan bangsa dan negara Indonesia yang sudah berusia 73 tahun. ■ RED/GOES

Beri Tanggapan