Sakit Lambung & Usus Buntu, WARTAWAN SENIOR H SOFYAN LUBIS Meninggal Dunia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Sosok bapak dan wartawan senior bersahaja yang mengabdikan lebih dari separuh usianya di Harian Umum Pos Kota, H Sofyan Lubis, itu telah pergi untuk selamanya. Kabar meninggalnya almarhum begitu mendadak dan mengejutkan, karena masih dalam perawatan di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (2/9) sekitar pukul 16.00 WIB.

Salah satu putra almarhum, Aji Lubis, membenarkan sekaligus menyebarkan kabar duka tersebut. Ayah kandungnya yang masih tercatat aktif sebagai Dewan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), menderita penyakit lambung serta usus buntu.

Ditambahkan Aji lebih lanjut, kalau ayahnya sempat menjalani operasi usus buntu dan lambung. Pasca operasi untuk menjalani proses kesembuhan di RS Mitra Keluarga, rupanya Allah SWT memanggil untuk selama-lamanya. Innalilahi Wainnalilahi Rojiun.

Banyak kenangan dan pelajaran berharga yang bisa diambil dari sosok almarhum H Sofyan Lubis. Bersahaja dan selalu murah senyum kepada bawahan atau wartawan, saat masih menjadi Pemimpin Redaksi sampai Pemimpin Umum Harian Pos Kota.

“Sepanjang hidupnya, almarhum sangat baik. Juga tak sungkan-sungkan hadir dalam setiap undangan bawahan, jika sedang melaksanakan resepsi perkawinan anaknya,” kenang Warto Nur Alam terhadap sosok mantan Ketua PWI Pusat dan PWI Jaya tersebut.

H Sofyan Lubis lahir di Tanjung Morawa, Sumatera Utara, 22 Nopember 1941. Almarhum wafat dalam kondisi usia 77 tahun. Selain sudah memulai karir jurnalistik (wartawan-red) sejak tahun 1962, juga pernah jadi anggota DPR/MPR RI (1993-2003). Jabatan Ketua PWI Jaya dan Ketua PWI Pusat pun pernah disandangnya.

Sampai akhir hayatnya masih diminta jadi Dewan Penasehat PWI Pusat. Sedang di Harian Umum Pos Kota, pernah memegang jabatan sebagai Pemimpin Redaksi sampai Pemimpin Umum. Sejumlah buku terkait dunia kewartawanan pernah ditulis dan diterbitkan. Ia juga alumni International Institute for Journalism (IIJ) Berlin, Jerman, pada 1972.

Almarhum saat ini masih disemayamkan di rumah duka Jalan Ketuk Tilu R-37 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menurut pihak keluarga, H Sofyan Lubis bakal dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. ■ RED/WARTO/JOKO/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here