Januari-September 2018, DKI Dikunjungi 26,1 Juta Wisatawan Lokal & Asing

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Jumlah kunjungan wisata di DKI Jakarta dari Januari sampai September 2018, tercatat sekitar 26,1 juta orang. Untuk area tujuannya meliputi berbagai pusat rekreasi dan perbelanjaan seperti Ancol, TMII, Kebon Binatang Ragunan, Tugu Monas, ITC Mangga Dua, Pasar Tanah Abang dan lainnya.

Jumlah kunjungan sebanyak itu terdiri dari kelompok wisatawan nusantara (Wisnu) sebanyak 24,3 juta orang. Sedangkan wisatawan mancanegara (Wisman) berkisar 1,8 juta orang. “Untuk kunjungan Wisnu selama tahun 2018 kami targetkan sebanyak 36 juta orang. Adapun target Wisman sebanyak 2,8 juta orang. Kami yakin pada akhir tahun nanti akan melampaui target,” ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro di Jakarta, Rabu (17/10).

Menurutnya, hajatan Asian Games yang berlangsung di Jakarta pada 18 Agustus sampai 2 September memberikan kontribusi positif. “Banyak sekali Wisman dari berbagai negara berkunjung ke Jakarta. Baik itu untuk keperluan hajatan pesta olahraga maupun kunjungan wisata,” papar Asiantoro didampingi Alberto Ali, Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Pariwisata Disparbud.

Ia menambahkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawa mancanegara itu diperoleh pihaknya dari data Badan Pusat Statistik (BPS) dan dari kunjungan ke sejumlah destinasi di Jakarta.

Beberapa destinasi wisata yang banyak pengunjungnya antara lain meliputi Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMMI), Kebon Binatang Ragunan, dan Tugu Monas. Sedangkan pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi Wisnu adalah pusat grosir ITC Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here