26.1 C
Jakarta
27 April 2024 - 04:28
PosBeritaKota.com
Nasional

Masyarakat Diminta Waspada, BMKG Sebut Akhir Oktober Ada Peningkatan Curah Hujan

JAKARTA [POSBERITAKOTA] ■ Dalam tiga hari ke depan memasuki penghujung Oktober 2018 ini, masyarakat diminta agar meningkatkan kewaspadaannya. Kenapa? Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti bakal ada peningkatan curah hujan, terutama di sebagian wilayah Indonesia.

Dalam kurun waktu 29 sampai 31 Oktober 2018 ini, disebutkan curah hujan lebat, bisa terjadi di wilayah DKI Jakarta, Banten dan juga di Jawa Barat. Karenanya, masyarakat diminta harus tetap waspada, jika ingin terhindar dari kemungkinan hal-hal yang membahayakan.

“Jadi, peningkatan curah hujan, jangan dipandang remeh. Baik di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat atau di wilayah Indonesia Bagian Barat,” ucap Mulyono R Prabowo, Deputi Bidang Meteorologi BMKB kepada media, kemarin.

Sedangkan peningkatan curah hujan tersebut, ditambahkan dia lagi, karena disebabkan beberapa faktor. Terutama akibat sirkulasi siklonik di wilayah Sumatera, sehingga terjadi konsentrasi udara di daerah tersebut.

“Kondisi udara pun relatif lebih lembab. Bahkan hal itu bisa menyembabkan pertumbuhan semacam awan-awan yang bakal menimbulkan hujan. Setidaknya untuk tiga hari kedepan,” sebut Prabowo lagi.

Karena itu pula, ia memberi peringatan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati. “Terjadinya banjir, longsor, angin kencang, jalan licin serta pohon tumbang, jelas bakal mengancam jiwa masyarakat,” tutup dia. ■ RED/RIO/AYID

Related posts

Ada Pihak Sengaja Menyebar Foto, LEMKAPI: Tito Tidak Tertarik Cawapres

Redaksi Posberitakota

Hadapi Tantangan Global, KGPH SOERYO SOEDIBJO Sebut Perlu SDM Siap Pakai & Inovatif

Redaksi Posberitakota

Digelar 11-14 Juli, HARKOPNAS EXPO 2019 Ajang Promosi Produk Unggulan KUMKM

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang