26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 03:51
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Antisipasi Banjir, ANIES Ingatkan Seluruh Aparat Harus Siaga & Tanggap

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tiga kata kunci utama dalam menghadapi musim hujan, yaitu Siaga, Tanggap, dan Galang. Hal itu ditegaskan saat menjadi Inspektur Upacara Apel Kesiapan dalam Tanggap Musim Hujan Tahun 2018/2019 di Lapangan Promotor Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat ( 16/11).

Kebijakan ini disampaikan Gubernur Anies di hadapan ribuan petugas gabungan dari Satpol PP DKI Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III.

“Masalah banjir adalah bentuk dari curah hujan yang tinggi yang tidak terserap ke dalam bumi. Karena itu, kita harus melakukan antisipasi jangka pendek dan jangka panjang,” ujar Anies.

Dalam jangka pendek adalah melakukan antisipasi melalui acara ini untuk menunjukkan kepada warga Jakarta bahwa seluruh jajaran DKI dalam kondisi siap, tanggap, dan mampu untuk menggalang.

Berdasarkan data dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, terdapat 30 titik rawan genangan di wilayah DKI Jakarta, yaitu 6 titik di Jakarta Barat, 13 titik di Jakarta Selatan, 4 titik di Jakarta Pusat, 4 titik di Jakarta Timur, dan 3 titik di Jakarta Utara.

Pada upacara tersebut, Anies menyempatkan diri mengecek semua peralatan dan perlengkapan penanggulangan banjir, seperti perahu karet, pelampung, pompa mobile, dapu RF umum, dan lainnya.

Untuk diketahui, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta juga terus melakukan pengaturan dalam mempersiapkan kedatangan musim hujan.

Dinas SDA DKI Jakarta yang akan menjamin lumpur atau sampah di sungai dan got-got sudah dikeruk agar tidak menyumbat saluran air, Dinas Lingkungan Hidup DKI memiliki armada pengangkut sampah yang bersumber dari pintu-pintu air, Dinas Kesehatan DKI berkoordinasi dengan PMI dan Dinas Sosial DKI, serta BPBD DKI, siap memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

“Insya Allah, kita semua diberikan kenyamanan di dalam menjalankan tugas. Dan, Insya Allah, amanat yang dititipkan kepada kita, tentu akan dituntaskan dengan sebaik-baiknya,” tutup Anies. ■ RED/JOKO

Related posts

Buka Festival MH Thamrin, ANIES Ikut Main Bola Bersama Legenda

Redaksi Posberitakota

Akibat Isu Rotasi Jabatan, KETUA DPRD DKI Nilai Kerja SKPD Kendor

Redaksi Posberitakota

Pekerja Jangan Resah, PLH GUBERNUR Umumkan UMP DKI 2019 Rp 3,94 Juta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang