Biar Aman & Nyaman,TURIS KEPULAUAN SERIBU Harus Didampingi Pemandu

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Guna meningkatkan rasa aman dan nyaman, para wisatawan bahari di kawasan Kepulauan Seribu sebaiknya memanfaatkan jasa pemandu. Di wilayah tersebut banyak pemandu bersertifikat yang bisa mendampingi turis asing maupun lokal yang ingin berenang maupun menyelam di laut.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, juga telah menyerukan kepada wisatawan yang akan melakukan aktivitas berenang atau menyelam di perairan agar didampingi oleh pemandu bersertifikat.
Menurutnya, di setiap pulau tujuan wisata ada pemandu yang standby untuk melayani wisatawan yang memerlukan jasanya. Adapun tarifnya antara Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu.

“Pendampingan tersebut perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena tragedi tsunami Selat Sunda membuat trauma di mana-mana. Apalagi, jika wisatawan tersebut belum memiliki pengalaman,” ujarnya, Senin (31/12).

Husein menambahkan, bagi wisatawan yang yang berkunjung ke pulau kosong juga diimbau untuk melapor kepada pihak kelurahan setempat agar dapat termonitor dan terpantau. “Kalau terjadi apa-apa mereka bisa dengan cepat melapor dan mendapatkan bantuan,” tandasnya sambil menambahkan kunjungan wisata menjelang dan pascaperayaan tahun baru tetap ramai.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Achmad Kurnia, menambahkan bahwa periode Libur Natal 2018 dan Tahan Baru 2019 di Kepulauan Seribu diperkirakan ada 40 ribuan wisatawan.

Untuk mencapai target yang telah ditetapkan, Cucu mengatakan, perayaan malam Tahun Baru kali ini disebar di empat pulau yakni Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.

“Tahun kemarin kita cuma bikin di satu pulau, di Pramuka saja karena ibukota kabupaten kan di sana. Sekarang disebar keempat pulau,” katanya.

Keputusan itu diambil karena selama ini yang menjadi destinasi favorit para wisatawan adalah keempat pulau tersebut untuk kategori pulau berpenduduk. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here