Belajar Distribusi Bantuan, DPRD MUSI RAWAS UTARA Berguru ke Dinas Sosial

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta dinilai berhasil dalam mendistribusikan bantuan sosial kepada warga miskin. Oleh karena itu, sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, berkunjung ke Ibukota untuk menimba ilmu program pengentasan kemiskinan yang dijalankan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta.

Kunjungan kerja (Kunker) tersebut juga dalam rangka pertukaran informasi dan studi banding mengenai tata cara pengawasan bantuan bagi masyarakat miskin untuk meningkatkan kesejahteraannya. Rombongan wakil rakyat Musi Rawas Utara dipimpin I Wayan Kocap.

“Musi Rawas Utara merupakan kabupaten baru yang baru berusia lima tahun. Kami ingin menimba ilmu dari Dinsos DKI, khususnya mengenai pengawasan bantuan bagi masyarakat miskin,” ujarnya, di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari II, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Wayan juga menambahkan bahwa pihaknya juga ingin mengetahui lebih jauh terkait pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementeriam Sosial RI di DKI, mulai dari penyaluran bantuan hingga tahapan evaluasi.

“Kami sebagai wakil rakyat juga ingin terlibat untuk menjalankan fungsi pengawasan agar program itu berjalan dengan baik di Kabupaten Musi Rawas Utara,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pengembangan Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Dinsos DKI Jakarta, Dewi Aryati Ningrum, menuturkan pengawasan bantuan bagi masyarakat miskin, khususnya program PKH dilakukan melalui pendampingan.

“Pengawasannya ada di bawah Suku Dinas Sosial di lima wilayah kota administrasi Jakarta. Jadi, ada pengawasan yang cukup intensif,” terangnya.

Ditambahkan Dewi, Dinsos DKI juga memiliki program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

“Dalam pelaksanaan program itu kami juga memberikan pendampingan dan bantuan pengurusan Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK, serta sinergi dengan Dinas KUKMP,” tandasnya. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here