Cuma Dalam Sepekan, SUKABUMI Hadapi 3 Bencana Hindrometeorologi

SUKABUMI (POSBERITAKOTA) – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam sepekan sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami berbagai bencana hidrometeorologi. Mulai dari banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman di Sukabumi, Selasa (15/1), mengatakan pada musim hujan ini bencana terjadi di beberapa kecamatan.

Bahkan, lokasinya pun cukup banyak, sehingga pihaknya harus bekerja ekstra dalam melakukan pendataan dan pemberian bantuan kepada korban.

Menurutnya, dalam sepakan terakhir ini bencana yang menerjang wilayah Kabupaten Sukabumi cukup tinggi yang dikarenakan intensitas hujan yang tinggi, ditambah kondisi tanah yang sudah labil serta penyumbatan saluran air.

Baca Juga:  Dalam Rangkaian Harkopnas, MENTERI PUSPAYOGA Beri Penghargaan Bagi Insan Koperasi

Bencana yang terjadi di berbagai wilayah Kabupaten Sukabumi ini tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi ratusan rumah rusak termasuk puluhan fasilitas umum.

Ia mengatakan bencana longsor terjadi Kecamatan Nagrak, Sukabumi, Cisaat, Caringin, dan Cicantayan. Kemudian, untuk bencana banjir melanda Kecamatan Cibadak dan Nagrak, selanjutnya bencana angin puting beliung melanda Kecamatan Nagrak.

“Kami mengimbau kepada warga, tidak hanya yang tinggal di daerah rawan saja tetapi untuk semuanya agar selalu waspada karena intensitas hujan tinggi yang kerap disertai angin kencang sehingga berpotensi terjadi bencana,” lanjutnya. ■ RED/AYID

Beri Tanggapan