PosBeritaKota.com
Nasional

Hasil Pantauan BPPTKG, GUNUNG MERAPI Diselimuti Kabut & Berstatus Waspada

YOGYAKARTA (POSBERITAKOTA) – Berdasarkan pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada Kamis (24/1). Cuaca berkabut menyelimuti Gunung Merapi yang hingga saat ini masih berstatus waspada.

Tulis akun twitter resmi BPPTKG yang dikutip pada Kamis, “Pos PGM Kaliurang visual Gunung Merapi berkabut, suhu udara 20.2 derajat celcius, kelembaban 79 persen RH, tekanan udara 917.2 HPA”.

Hasil pemantauan BPPTKG terhadap Gunung Merapi pada Kamis periode pukul 00.00-06.00 WIB menyatakan tidak terjadi guguran lava pijar dalam periode ini.

Sedangkan pemantauan yang dilakukan pada Rabu (23/1) mulai pukul 18.00-24.00 WIB, berdasarkan data seismik, jumlah guguran tercatat 1 kali dengan durasi 40 detik. Tidak ada guguran yang teramati karena cuaca Gunung Merapi berkabut dan mendung.

BPPTKG selama mendung mengamati gunung api itu pada Senin (21/1), dari pukul 00.00 hingga 24.00 WIB, mencatat 41 kali, satu kali gempa hembusan, 2 kali gempa hybrid, serta satu kali gempa tektonik.

Per 16 Januari 2019, volume kubah lava di gunung teraktif di Indonesia itu tercatat 453.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan 2.300 meter kubik per hari atau lebih rendah dari pekan sebelumnya.

Mengacu pada data aktivitas vulkanik Merapi, hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada.

Untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. ■ RED/GEHAES BST/GOES

Related posts

Di Puncak Harkopnas 2019, DARMIN NASUTION Dorong Transformasi Ekonomi Melalui Koperasi

Redaksi Posberitakota

Bersama Kong Danu, RADIO BABE AM 981 Stereo Jualan Dangdut & Budaya Bekasi

Redaksi Posberitakota

Obat-obatan Senilai Rp 150 Juta, KIMIA FARMA Beri Bantuan ke Sulteng Lewat BAZNAS

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang